Gus Yasin Imbau IPHI Jateng Tetap Solid

By Abdi Satria


nusakini.com-Semarang-Wakil Gubernur Jawa Tengah, Tan Yasin Maimoen, mengimbau Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Tengah, agar tetap bersikap netral. Hal tersebut disampaikan menyusul adanya wacana dualisme kepengurusan IPHI Jateng, mengikuti gejolak Pengurus Pusat IPHI.

“Karena bagaimanapun juga Jateng ini biasanya kalau bisa dirembuk kenapa harus dipisah. Maka kita rembuk, maka kita sepakat bahwa Jawa Tengah tetap seperti ini. Toh Jateng itu kan gayeng ya, Jateng itu enak, guyub, gotong royong, menghormati yang sepuh, menghormati yang lain. Kita netral, toh itu (dualisme) kita juga tidak tahu sampai kapan,” kata Gus Yasin, sapaan wagub, seusai acara Konsolidasi dan Silaturahmi IPHI Jateng, di Hotel Grasia Semarang, Sabtu (25/6/2022).

Gus Yasin meminta seluruh pengurus IPHI di Jawa Tengah dan kabupaten/ kota, untuk tetap bekerja melayani jemaah. Menurutnya, Jawa Tengah harus mampu menunjukkan soliditas dan menjadi contoh bagi organisasi lainnya.

Dia juga berharap agar persoalan tentang isu dualisme ini dapat segera diselesaikan. Dengan demikian, lanjutnya, IPHI bisa kembali fokus untuk melayani umat.

“Pak Harso selaku ketua, kami selaku pengurus IPHI Jateng juga kita harap untuk selalu melakukan kegiatan seperti biasanya. Adapun keputusan di pusat kita tunggu aja. Kita berharap ini menjadi contoh di organisasi yang lain,” terang anggota Dewan Penasehat PW IPHI Jateng itu.

Sebelumnya, Ketua Pengurus Wilayah (PW) IPHI Jateng, Harsono, dalam sambutannya mengatakan konsolidasi organisasi digelar karena terjadinya dualisme pengurus pusat, antara kubu Ismed Hasan Putro dengan kubu Erman Suparno.

Menurutnya, berdasarkan konsultasi PW IPHI Jateng ke Wakil Gubernur dan ketua dewan penasehat, pihaknya berkesimpulan wilayah Jateng harus tetap kondusif, aman, tidak bergejolak.

“PW IPHI Jateng diharapkan tidak ada dualisme kepengurusan status quo, dalam artian PW/ PD IPHI tetap menjalankan tugas organisasi sebagaimana mestinya, sesuai SK pelantikan yang ditetapkan,” terangnya.

Konsolidasi dan silaturahmi IPHI Jateng ini dihadiri oleh sebanyak 32 pengurus daerah. Selain itu, hadir pula Ketua Dewan Penasihat IPHI Jateng KH Ali Mufiz, serta Anggota Dewan Pembina IPHI Jateng KH Ahmad Daroji. (rls)