Hadir pada Pembukaan Kemenkeu Satu Negeri, Wamenkeu Pesan Pentingnya Tolerasi Dalam Keberagaman

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menghadiri acara Pembukaan Kemenkeu Satu Negeri bertajuk “Satukan Cita Majukan Indonesia” yang diselenggarakan pada Jumat (24/06) secara daring. Dalam sambutannya, Wamenkeu mengatakan bahwa acara ini adalah salah satu bentuk sumbangsih Kementerian Keuangan bagi para pelajar Indonesia sebagai ajang untuk berinteraksi dan pengembangan diri, serta sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan Kementerian Keuangan kepada para generasi muda Indonesia.

“Acara Kemenkeu Satu Negeri pertama kali diselenggarakan tahun 2021, dan pada tahun ini kembali diselenggarakan untuk kedua kalinya dengan diikuti oleh lebih dari 2900 pelajar dari seluruh Indonesia,” ungkap Wamenkeu.

Dalam kesempatan tersebut, Wamenkeu menyampaikan bahwa para peserta acara Kemenkeu Satu Negeri merupakan generasi masa depan Indonesia. Oleh karenanya, melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan pengetahuan serta pemahamannya terkait kekayaan dan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia, serta saling dapat memupuk rasa persaudaraan dan tolerasi diantara mereka.

“Kekayaan Indonesia mencerminkan berbagai macam perbedaan, keragaman, yang mendorong kita memunculkan sikap toleransi, sikap saling menghargai, yang dimulai dari saling mengenal. Sealin itu, dapat meningkatkan pemahaman tentang Indonesia yang beragam, kaya, dan Indonesia yang bersatu,” terang Wamenkeu.

Melalui acara ini, Wamenkeu berharap para peserta dapat memperkenalkan budaya dan berbagi pengalaman di daerah asal masing-masing, serta sekaligus dapat saling memahami dan menerima perbedaan budaya dan kultur setiap daerah/wilayah.

“Keragaman Indonesia membuat kita harus saling mengenal, dan ini adalah awal dari pemahaman kita mengenai toleransi, ”terang Wamenkeu.

Di sisi lain, Wamenkeu juga mengatakan bahwa meski memiliki banyak perbedaan budaya yang dimiliki oleh setiap daerah, namun sebenarnya seluruh bangsa Infonesia tetap mempunyai satu tujuan yang sama yaitu memajukan Indonesia.

“Kita ingin bikin Indonesia lebih keren, lebih baik, lebih maju. Tentu adik-adik membuat Indonesia lebih maju itu sekarang ini dengan bersekolah (secara sungguh-sungguh),” lanjut Wamenkeu.

Wamenkeu juga berharap, acara ini sekaligus dapat menambah pengetahuan para peserta untuk mengenal tugas dan fungsi Kementerian Keuangan secara lebih dekat. Kementerian Keuangan merupakan salah satu instansi penting di Indonesia yang tugasnya mengelola keuangan dan kekayaan negara. Kantor dan instasni vertikal Kementerian Keuangan pun ada di berbagai daerah Indonesia.

“Adik-adik adalah bagian dari taman bunga Indonesia. Dengan beragam warna, cara, dan metodenya kita tumbuhkan taman bunga Indonesia. Dimasa depan akan kita panen taman bunga Indonesia agar bisa memberi manfaat kepada dunia yang kita tinggali,” tutup Wamenkeu. (rls)