Hari Ayah Nasional di Indonesia Diperingati Setiap Tanggal 12 November, Ini Sejarahnya

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Hari Ayah Nasional di Indonesia tahun ini jatuh pada Jumat, 12 November 2021. Hal ini berbeda dengan peringatan Hari Ayah Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Juni. Bagaimana sejarah lahirnya? 

Berikut sejarah Hari Ayah Nasional di Indonesia:

Perayaan peringatan Hari Ayah Nasional di Indonesia bisa dilakukan dengan berbagai cara untuk menghargai jasa dan pengorbanan sosok ayah dalam keluarga.

Bagi masyarakat Indonesia, peringatan Hari Ibu mungkin lebih sering dikenal dan terdengar setiap tahunnya.

Tak jarang masih banyak yang bertanya-tanya kapan peringatan Hari Ayah Nasional di Indonesia?

Hari Ayah Nasional di Indonesia selalu diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. 

Peringatan Hari Ibu mungkin sudah tidak asing lagi. Namun untuk peringatan Hari Ayah lebih sering terdengar diperingati oleh negara lain.

Hari Ayah ini diperingati pada tanggal yang berbeda di berbagai negara, peringatan Hari Ayah ini jatuh pada hari Minggu, pekan ketiga di bulan Juni di beberapa negara dunia.

Ada negara yang memperingati hari Ayah pada tanggal 20 Juni setiap tahunnya. Namun hal ini berbeda dengan Indonesia yang memperingati Hari Ayah pada tanggal 12 November. 

Sejarah Hari Ayah Nasional di Indonesia bermula dari inisiatif anggota paguyuban atau organisasi bernama Satu Hati atau PPIP.

Sosok ayah dikenal sebagai kepala keluarga yang bertanggung jawab melindungi anggota keluarga, memberikan teladan bagi anak-anaknya, serta mencari nafkah.

Peringatan Hari Ayah Nasinal pertama kali ditetapkan pada tahun 2016 atas usulan Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

PPIP pernah mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo pada tahun 2014. Salah satu acaranya adalah Sayembara Menulis Surat untuk Ibu.

Banyak yang mengikuti sayembara tersebut dalam acara peringatan Hari Ibu, yang kemudian semua suratnya dijadikan buku.

Setelah acara selesai, panitia penyelenggara mendapat pertanyaan dari peserta yang membuat terkejut.

Pertanyaan dari peserta itu adalah kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah selain itu mereka juga bertanya tentang kapan peringatan Hari Ayah. 

Adanya pertanyaan tersebut membuat PPIP mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia. Mereka kemudian bertemu dengan anggota DPRD Surakarta.

Setelah melakukan kajian, PPIP akhirnya mendeklarasikan Hari Ayah Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 12 November. (*)