Indonesia dan Kolombia Semakin Mengukuhkan Kerja Sama Untuk Keuntungan di Kedua Belah Pihak

By Abdi Satria


​nusakini.com-Bogota-Indonesia dan Kolombia berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, antara lain politik, ekonomi, pendidikan dan kepolisian. Hal ini disepakati dalam Forum Konsultasi Politik Ke-2 antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kolombia berlangsung di Bogota, Kolombia.

Dalam pertemuan tersebut dibahas sejumlah isu strategis yang sebelumnya pada Konsultasi Politik pertama telah pula disinggung dan pada pertemuan kali ini lebih dikukuhkan lagi sebagai komitmen kedua belah pihak untuk meningkatkan kerja sama di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertanian, pendidikan dan juga kerja sama di bidang Kepolisian, khususnya dalam menanggulangi peredaran dan perdagangan narkotika.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk lebih memperkuat kerja sama di bidang kelapa sawit yang berkelanjutan dimana saat ini Indonesia dan Kolombia sebagai negara produsen kelapa sawit dan sama-sama menghadapi isu tersebut. Kedua Ketua Delegasi melakukan pertukaran naskah Nota Kesepahaman kerja sama di bidang pengawasan obat antara BPOM RI dan INVIMA Kolombia sebagai payung kerja sama di bidang kesehatan.

Hubungan Indonesia dan Kolombia memasuki babak baru dengan diluncurkannya program kerja sama Indonesia dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia (INA-LAC) pada tahun 2019. Kolombia yang merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Kawasan Amerika Latin telah menunjukkan angka perdagangan dengan kenaikan yang signifikan yaitu 174,06% pada tahun 2021 dengan surplus bagi Indonesia.

Selesai acara pertemuan bilateral tersebut, Wakil Presiden Kolombia yang juga menjabat sebagai Menteri Luar Negeri bertemu dengan Delegasi Indonesia dan menyatakan sangat senang atas hubungan Indonesia dan Kolombia saat ini yang menunjukkan pada tahapan penting dan perlu terus didorong karena kedua negara sama-sama memiliki peran penting di kawasan.

Dalam pertemuan tersebut, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Jenderal untuk Kawasan Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Dubes Ngurah Swajaya bertemu langsung dengan Delegasi Kolombia yang dipimpin oleh Acting Wakil Menteri Luar Negeri Kolombia, Dubes Carlos Arturo Morales. (rls)