Indonesia dan Uzbekistan Tingkatkan Hubungan Bilateral

By Admin

nusakini.com--: "Indonesia dan Uzbekistan akan tingkatkan hubungan bilateral melalui perdagangan dan investasi" demikian Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi sampaikan ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri Uzbekistan, Abdulaziz Khafizovich Kamilov di sela-sela pertemuan KTM OKI di Taskkent, Uzbekistan. 

Menlu RI menyampaikan bahwa masih banyak ruang untuk meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara mengingat banyaknya sumber daya dan potensi pasar dari kedua negara. "Kami optimis angka perdagangan kedua negara akan meningkat" tegas Menlu RI. 

Dalam kesempatan ini, Menlu RI juga mengucapkan selamat atas kesuksesan Uzbekistan sebagai negara tuan rumah bagi pertemuan KTM OKI ke-43 tahun ini. 

Lebih lanjut, Menlu RI juga mendorong pentingnya untuk mengintensifkan proses penyelesaian beberapa MoU termasuk MoU tentang pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas untuk meningkatkan saling kunjung dari pemerintah kedua negara. 

Uzbekistan adalah perluasan dan pintu masuk produk Indonesia ke pasar non-tradisional khususnya di kawasan Asia Tengah dan Kaukasus. Nilai perdagangan kedua negara pada tahun 2015 sebesar USD 12,878 juta. Pada periode 2010-2014, investasi Uzbekistan di Indonesia bernilai US$ 1.2 Juta dengan jumlah proyek sebanyak 2 unit di tahun 2013.(p/ab)