Indonesia Raup 1,5 Juta Dolar Australia di MICE 2016

By Admin


nusakini.com - Indonesia berhasil meraih transaksi sebesar 1,5 juta dolar Australia pada Melbourne International Coffee Expo (MICE) 2016 di The Melbourne Showgrounds, Melbourne, Australia, 17-19 Maret 2016 lalu.

"Animo pengunjung sangat besar. Selain membuahkan kontrak dagang sebesar 1,5 juta dolar Australia, pengunjung sangat antusias mengikuti coffee cupping yang kami adakan setiap hari," ungkap Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Sydney Agung Haris Setiawan di Jakarta, Senin (28/3/2016).

Agung menjelaskan, cupping adalah salah satu prosedur yang dilakukan dalam menganalisis kualitas rasa dan aroma kopi. Pengunjung dapat secara langsung merasakan dan menikmati kopi yang telah disiapkan oleh peserta di Paviliun Indonesia kemudian memberikan pendapat atas cita rasa dari kopi tersebut.

Partisipasi Indonesia di arena MICE 2016 diprakarsai oleh ITPC Sydney bersama dengan Atase Dagang Canberra dan KJRI Melbourne. Secara rutin, Indonesia berpartisipasi dalam MICE yang dianggap sebagai pameran kopi terbesar di Australia.

Dalam kesempatan tersebut, Agung juga berupaya untuk mendongkrak ekspor produk-produk Indonesia ke Australia salah satunya dengan lebih aktif dalam melakukan promosi digital melalui konsep SMART.

"Kementerian Perdagangan melalui perwakilan di luar negeri, baik Atase perdagangan maupun ITPC, akan lebih aktif berpromosi melalui media digital," tutur Agung. (ab)