Italia Singkirkan Spanyol di Babak Penalti

By Nad

nusakini.com - Internasional - Jongrinho berhasil menentukan nasib Italia di liga Eropa 2020 dengan tendangan penaltinya di babak penalti dan membuat skor Italia unggul 4-2 dari Spanyol setelah kedua tim seri 1-1 di dua babak pertandingan. Italia akan maju ke babak final melawan Inggris atau Denmark pada hari Senin (12/7) dini hari.

Spanyol melewatkan dua tendangan penalti, termasuk dari Alvaro Morata yang berhasil mencetak gol dan menyamakan skor di 10 menit akhir, pada menit 80 pas di babak kedua.

Kedua tim tidak bisa membobol gawang masing-masing pada babak pertama, namun Italia berhasil mengungguli pada menit ke 60 dengan kecepatan bermain yang dimulai dari tendangan kiper Italia Gianluigi Donnarumma diterima oleh Federico Chiesa yang kemudian berlari di arah kiri dan berhasil mencetak gol indah.

Spanyol kemudian menyamakan skor 10 menit setelah Morata bermain, sebelumnya ia tidak dimasukkan ke dalam susunan pemain awal karena selalu gagal mencetak gol pada pertandingan-pertandingan sebelumnya. Namun pada menit ke 80, melalui permainan satu-dua dengan Dani Olmo untuk menerobos pertahanan Italia, Morata berhasil mencetak gol dengan tenang dan membawa Spanyol ke babak penalti untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Italia tidak selalu menunjukkan permainan yang bagus selama pertandingan, dicatat bahwa Spanyol lebih unggul dalam kepemilikan bola (ball possession) dengan angka 65% dibandingkan Italia yang hanya 35%. Selain itu, Italia juga diberikan peringatan offside 8 kali dibandingkan Spanyol yang hanya satu kali saja. Namun gol dari Chisa yang ditonton oleh 58.000 penggemar mulai menyudutkan Spanyol.

Spanyol sebelumnya mengalahkan Italia melalui babak penalti di Euro 2008, namun kali ini mereka tidak bisa melakukannya lagi setelah Dani Olmo dan Alvaro Morata gagal mencetak gol padahal Manuel Locatelli dari Italia yang merupakan penendang pertama juga gagal mencetak gol.

Italia menjadi tim yang tidak terkalahkan dalam 33 pertandingan dan mereka akan maju ke babak final untuk melawan Inggris atau Denmar, salah satu dari mereka yang akan menang dalam pertandingan semi final pada hari Kamis dini hari nanti.