Jasa Pawang Hujan Membuat Balapan MotoGP Mandalika 2022 Terselenggara

By Abdi Satria


nusakini.com-Mandalika-Hujan deras mengguyur Sirkuit Mandalika jelang MotoGP Mandalika 2022, Minggu (20/3/2022) siang WIB. Sebagai kearifan lokal, pawang hujan pun beraksi untuk meredakan hujan yang turun.

Sirkuit Mandalika telah diguyur hujan deras sejak 1 jam sebelum balapan dimulai. Awalnya, MotoGP Mandalika dikonfirmasi mundur 10 menit dari jadwal yang sebenarnya.

Namun, panitia memutuskan untuk menunda balapan hingga waktu yang tidak ditentukan. "Jadwal ini sekarang ditunda," bunyi keterangan resmi MotoGP.

Tetapi tak lama berselang, panitia memutuskan untuk menunda balapan sampai pukul 15.45 WITA. Meski begitu, kondisi sirkuit akan kembali dipantau setiap 25 menit.

Sejumlah pembalap terlihat sudah melepas baju balap atau wearpack dan duduk santai di paddock masing-masing tim. Sementara itu, para penonton masih tetap setia menunggu bergulirnya balapan MotoGP Mandalika 2022.

Hujan yang tak kunjung berhenti membuat pawang hujan mulai beraksi. Terlihat seorang wanita berjalan melewati pit lane atau area pit para pembalap.

Sambil membaca mantra, sang pawang membawa mangkok kuningan serta beberapa dupa. Dia pun beberapa kali memukul mangkok tersebut dan duduk di tengah lintasan, sambil berharap hujan bisa reda.

Aksi sang pawang itu mencuri perhatian pembalap dan kru, serta penonton di Sirkuit Mandalika dan juga yang menyaksikan balapan di rumah. Bahkan, aksi pawang hujan tersebut sampai trending di dunia maya.

Setelah beberapa saat, marshal MotoGP memutuskan untuk membuka pit lane pada pukul 16.00 WITA dan memulai balapan 15 menit berselang. (rls)