Jejak Dinosaurus Ditemukan karena Terjadi Kekeringan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Jejak dinosaurus dari sekitar 113 juta tahun yang lalu telah terungkap di Dinosaur Valley State Park di Texas karena kondisi kekeringan parah yang mengeringkan sungai, kata taman itu pada hari Senin (22/8) dalam sebuah pernyataan.

"Sebagian besar jejak yang baru-baru ini ditemukan di berbagai bagian sungai di taman adalah milik Acrocanthosaurus. Ini adalah dinosaurus yang akan berdiri, sebagai orang dewasa, tingginya sekitar 15 kaki dan (beratnya) hampir tujuh ton," Juru bicara taman Stephanie Salinas Garcia mengatakan kepada CNN melalui email.

Spesies lain yang meninggalkan jejak di taman di Glen Rose, Texas, adalah Sauroposeidon, yang tingginya sekitar 60 kaki dan beratnya sekitar 44 ton saat dewasa, tambah Garcia.

Kekeringan berlebihan musim panas ini telah menyebabkan sebuah sungai di taman itu benar-benar kering di sebagian besar tempat, mengungkap jejaknya -- rahasia terakhir yang telah lama tersembunyi baru-baru ini terungkap saat badan air telah mengering karena kondisi kekeringan di seluruh dunia.

Lebih dari 60% Texas mengalami kekeringan minggu lalu dalam dua kategori paling intens, menurut Monitor Kekeringan AS. Negara bagian juga baru-baru ini mengalami gelombang panas yang mendorong suhu hingga tiga digit, membuat jutaan orang berada di bawah peringatan panas berlebihan.

Krisis iklim yang disebabkan manusia juga telah meningkatkan potensi perubahan dramatis yang lebih sering terjadi pada periode kekeringan dan curah hujan tinggi, seperti banjir bandang minggu ini di wilayah Dallas.

Dalam kondisi cuaca normal, jejak dinosaurus yang ditemukan di dasar sungai berada di bawah air dan dipenuhi dengan sedimen, yang membuatnya kurang terlihat, jelas Garcia.

Sementara itu, jejak tersebut diperkirakan akan terkubur lagi karena diprakirakan hujan, kata Garcia, yang menambahkan proses tersebut membantu melindungi trek dari pelapukan alam dan erosi.

Jejak hanyalah penemuan terbaru yang ditemukan oleh turunnya permukaan air karena kekeringan, baik di AS maupun di luar negeri: Beberapa set sisa-sisa manusia telah ditemukan di Danau Mead di Utah dalam beberapa bulan terakhir karena reservoir telah turun menjadi sekitar 27% dari totalnya. kapasitas penuh.

Di Serbia Timur, lusinan kapal perang Jerman yang masih sarat dengan bahan peledak terekspos di Sungai Danube yang mengering. Sebuah lingkaran batu prasejarah yang dijuluki Spanish Stonehenge terungkap di reservoir Valdecanas yang semakin berkurang di pedesaan Spanyol. Dan patung Buddha yang diyakini berusia 600 tahun ditemukan di Sungai Yangtze yang menipis. (cnn/dd)