Jelang FORNAS VI Di Palembang, Inorga KORMI Sulsel Intensifkan Persiapan

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Induk Olahraga (Inorga) yang tergabung dalam Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sulawesi Selatan mulai mengintensifkan persiapan menghadapi Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) di Palembang, 2-7 Juli mendatang. Di Palembang nanti tercatat 21 Inorga Sulsel yang bersiap berpartisipasi dengan rincian 158 atlet, 23 pelatih dan 17 offisial.

Ditemui nusakini.com, Sabtu (14/5), Andi Rina Pallawagau, penanggungjawab Komisi Olahraga Kebugaran Kesehatan (lihat boks) mengungkapkan Inorga yang berada dalam pantauannya siap mempersembahkan medali di Palembang. 'Sejauh ini persiapan kami sudah mencapai 80 persen. Target maksimal kami adalah emas. Karena selama ini, kami selalu masuk dalam 3 besar pada setiap turnamen yang diikuti," ungkap Andi Rina.


Ditempat terpisah, Ketua PERSOCI (Perkumpulan Street Soccer Indonesia) Sulsel, Akmal Asnawi menyatakan kesiapan pihaknya untuk mengirim dua tim ke Palembang yakni Putri (umum) dan Putra (pelajar). Menurut Akmal, untuk tim putri persiapannya sudah berjalan dengan kerangka tim berasal dari pemain yang berkiprah di Piala Pertiwi 2022.

Sedang tim putra, PERSSOCI Sulsel akan menjaring pemain dengan menggelar festival pelajar SMP street soccer Makassar di Mal Nipah, pekan pertama Juni. "Kami sudah membentuk tim untuk memantau pemain terbaik untuk memperkuat Persoci Sulsel," terang Akmal.


Keyakinan PERBAFI dan POGTI


Keyakinan serupa diungkap induk olahraga, PERBAFI (Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia) dan POGTI (Persatuan Gulat Tangan Indonesia). Seperti dikatakan Syahrul, penanggungjawab olagraga komisi petualangan dan tantangan. 

Menurut Syahtul, di Palembang nanti, POGTI membawa dua atlet yang ditangani Haryadi. "Kami menargetkan dua emas dari kategori yang diikuti yakni Main Fitness dan Main Sport Model," ujar Syahrul seraya menambahkan, selain berlatih keras sejak dua bulan lalu di Alief Gym, Daya, pihaknya juga mengotrol pola makan dan istirahat atletnya.

Ditempat sama, pelatih PERBAFI, Andi Zidane, menjelaskan, sebanyak 9 atlet yang dipersiapkan untuk berkiprah di 4 kategori. Atlet yang terpilih ini semuanya merupakan langganan juara di kawasan Indonesia Timur. Mereka berasal dari Makassar, Bone, Palopo dan Luwu. "Mereka berlatih di daerah masing-masing. Tiap akhir bulan kami menggelar latihan terpusat," terang Haryadi.

Sebelumnya, Sekum KORMI Sulsel, Nio Haksani menyatakan harapannya agar kontingen Sulsel meraih prestasi lebih baik dari sebelumnya. "Pada FORNAS V di Samarinda, kontingen Sulsel berada di peringkat sepuluh, "kata Nio Haksani. (ab)

Daftar Inorga Sulsel Ke FORNAS VI

Komisi Olahraga Tradisional & Kreasi Budaya

1. KPSN (Keluarga Pencak Silat Nusantara)

2. YPOK (Yayasan Pendidikan Olahraga Karate)

3. APPSBI (Assosiasi Perguruan Pencak Silat)

4. PERGATSI (Persatuan Gateball Seluruh Indonesia)

5. PERBOSI (Persatuan Bola Sundul)

Komisi Olahraga Petualangan dan Tantangan

6. POGTI (Persatuan Gulat Tangan Indonesia)

7. FBSI (Federasi Breaking Seluruh Indonesia)

8. PERBAFI (Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia)

9. ABU (Airsoft Brotherhood Unity Indonesia)

10.PORGASI (Persatuan Olahraga Airsoft Seluruh Indonesia)

11.FAI (Federasi Airsoftgun Indonesia)

12.IOF (Indonesia Offroad Federation)

13.PERSSOCI (Perkumpulan Street Soccer Indonesia)

14.FYBI (Federasi Youth Band Indonesia)

Komisi Olahraga Kebugaran Kesehatan

15. IOSKI (Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia)

16. STI (Senam Tera Indonesia)

17. YJI (Yayasan Jantung Indonesia)

18. FOKBI (Federasi Olahraga Kebudayaan Indonesia)

19. ASIAFI (Asosiasi Instruktur Aerobic dan Fitness Indonesia)

20. ILDI (Ikatan Langkah Dansa Indonesia)

21. IODI (Ikatan Olahraga Dance Sport Indonesia)