Jerman Beli Produk Rempah Senilai 600 Dolar AS

By Admin

nusakini.com--Perusahaan asal Jerman Indonesia-Consult RS GmbH, membeli produk rempah dari CV Multi Rempah Sulawesi (MRS) senilai 600.000 dolar Amerika Serikat (AS) melalui program buying mission yang digagas Kementerian Perdagangan.

"Selama 2015, Indonesia menjadi pemasok rempah terbesar ketiga ke Jerman setelah Brasil dan Vietnam dengan pangsa sebesar 16,51 persen," kata Direktur Pengembangan Promosi dan Citra, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Merry Maryati, dalam siaran pers yang diterima, Senin (9/5)

Merry menambahkan, selama lima tahun terakhir, ekspor rempah Indonesia ke Jerman mengalami pertumbuhan positif sebesar 14,53 persen dengan nilai ekspor 45,88 juta dolar AS pada 2015. Program buying mission Kementerian Perdagangan (Kemendag), dinilai memberikan kontribusi besar bagi ekspor nasional. 

"Program buying mission ini merupakan bukti dukungan pemerintah dalam meningkatkan ekspor produk Indonesia ke pasar global," kata Merry. 

Merry menuturkan program buying mission dapat dimanfaatkan para importir Eropa untuk melihat secara langsung produk-produk dan berdiskusi dengan para pelaku Indonesia.  

"Buying Mission ini diharapkan memacu para importir lainnya di Eropa untuk memanfaatkan fasilitas ini untuk berkunjung melihat langsung produk yang akan diimpor sekaligus memberikan kesempatan bagi eksportir Indonesia dalam memperluas kesempatan penjualan lewat pertemuan langsung dengan importir sehingga semakin menguatkan posisi produk Indonesia di pasar Eropa," terang Merry.  

Sementara itu, Kepala ITPC Hamburg Bambang Jaka Setiawan menjelaskan bahwa dengan adanya program buying mission, produk rempah-rempah ini diharapkan akan dapat mempertahankan kejayaan rempah Indonesia di Eropa, terutama di Jerman.  

Berdiri sejak 2006, Indonesia-Consult RS GmbH mempunyai peran menjembatani komunikasi antara Indonesia dengan Jerman. Berbekal pengalaman dengan Indonesia dan negara di kawasan Asia Tenggara, Indonesia-Consult RS GmbH merupakan mitra dagang yang kooperatif di Asia untuk menyalurkan produk ke Eropa dan Amerika. 

Sementara itu, CV. Multi Rempah Sulawesi (MRS) dikenal sebagai penghasil dan eksportir rempah-rempah berkualitas tinggi dari Sulawesi. Untuk mendapatkan nilai yang tinggi pada standar bahan makanan, MRS bekerja sama dengan 5.000 petani yang mengolah lahan seluas lebih dari 4.000 hektar. (ab)