JK Dan Tjahjo Kumolo Hadiri HUT Otoda Ke-20 di Yogyakarta

By Admin


nusakini.com - Kulon Progo - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendampingi Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla menghadiri acara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-20 di Alun-alun Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Senin (25/4/2016).

Dalam acara tersebut hadir juga Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Sejumlah gubernur dan bupati/walikota di sejumlah daerah. Serta jajaran pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mendagri mengatakan, peringatan HUT Otda yang ke-20 ini, dan seterusnya nanti tidak selalu berlangsung di Istana Negara. Pertama kali ini di Kulon Progo, DIY dalam upaya memperkuat otonomi daerah, membangun tata kelolo pemerintah daerah.

"Agar menciptakan pemerintahaan yang efektif, efesien, taat kepada hukum. Guna mempercepat reformasi birokrasi dan memperkuat otonomi daerah," kata Tjahjo dalam sambutannya, Senin (25/4/2016) di Alun-alun Wates, Kulon Progo, Yogyakarta.

Kemendagri atas nama Pemerintah memberikan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha yaitu penghargaan tertinggi dalam bidang pemerintahan kepada pemerintah daerah yang selama 3 tahun berturut-turut bersatus kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemda.

Selain itu, diberikan juga penghargaan Satyalancana Karyabhakti Praja Nugraha kepada 3 provinsi, 10 kabupaten dan 10 kota yang bersatus kinerja terbaik berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia, pada tanggal 25 April 2016 di Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. (if/mk)