JK Harap SDSN Bantu Kelola Pembangunan Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan Hidup

By Admin


nusakini.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menerima Direktur Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Solutions Network (SDSN) Global Jeffery Sachs, di Kantor Wakil Presiden, Merdeka Utara, Senin (16/5/2016). Kedatangan Jeffery Sachs beserta delegasi bertujuan untuk menawarkan bantuan dan berbagi pengalaman tentang penggunaan metoda baru berupa “smart technology” dalam pembangunan berkelanjutan khususnya di bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup.

Menurut Sachs, era informasi dan teknologi atau lebih dikenal dengan sebutan IT, saat ini sangatlah dirasakan kegunaannya dalam memudahkan proses kehidupan sehari-hari, khususnya dalam hal pembangunan sesuai dengan perkembangan zaman. 

“Kami memiliki pengalaman dengan Nigeria, sekalipun tidak persis sama dengan Indonesia, dimana disana penduduknya berjumlah sekitar 160 juta jiwa dan memiliki sekitar 759 pemerintah daerah yang sistem kerjanya mulai terintegrasi melalui jaringan IT,” ujar Sachs. 

Sach memaparkan, pada tahun 2012, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon meluncurkan program SDSN untuk memobilisasi keahlian ilmiah dan teknologi global guna mempromosikan pemecahan untuk pembangunan berkelanjutan, termasuk desain dan pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs). Menindak lanjuti hal tersebut, SDSN sekarang berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan SDGs pada skala lokal, nasional, dan global. 

Area-area kerjasama yang menarik untuk SDSN, Sachs melanjutkan, adalah pengembangan sistem belajar dan mengajar, fasilitas pendidikan, kualitas pengajar serta sektor pelayanan kesehatan. Selain itu, dampak dari isu climate change juga menjadi perhatian seluruh dunia sekaligus menjadi tantangan buat Indonesia dalam menghadapi isu mengenai transformasi energi skala besar (large scale energy transformation). Pengembangan peralihan energi dari yang konvensional menjadi yang terbarukan. 

“Disukai atau tidak, realitanya saat ini dunia sedang menghadapi permasalahan global tentang perubahan iklim. Saat ini kami sedang bekerja sama dengan para pakar energi terkemuka dunia untuk menanggulangi permasalahan seputar nuklir,geo thermal dan ocean power”, ungkap Sachs. 

Wapres menyambut baik tawaran SDSN ditengah melemahnya perkembangan ekonomi dunia. Banyaknya target yang harus dilakukan pemerintah saat ini, diantaranya terfokus pada peningkatan kualitas dibidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup. 

“Kami berharap SDSN dapat membantu berbagi pengalaman tentang bagaimana melaksanakan dan mengelola pembangunan yang terfokus terhadapat permasalahan dibidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup ditengah lesunya perekonomian,” ujar Wapres. 

Hadir beserta Jefferey Sachs, Director of Health Sector, Center for Sustainable Development Sonia Sachs, Leadership Council SDSN Mari Elka Pangestu, Board Chairman of Sustainable Tourism Development Council I Gede Ardika, SDSNLeadership Council Cherie Nursalim, Co-Chair SDSN Leadership Council John Thwaites, dan Chair of SDSN Indonesia Jatna Supriatna 

Sementara Wapres Jusuf Kalla didampingi Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Menteri PPN/Kepala BAPPENAS Sofyan Djalil, Deputi Kasetwapres Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, dan Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi.(if/mk)