JK: Indonesia Pasar Potensial Bagi Negara Industri

By Admin


nusakini.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan Indonesia memiliki peluang pasar yang menjanjikan bagi negara-negara industri seperti China, Jepang dan Korea.

"Semua negara industri, khususnya China, butuh pasar yang lebih luas dan basis produksi lebih murah dibandingkan negara asalnya, serta pula memerlukan sumber daya besar. Kita, Indonesia, punya keduanya itu," kata JK yang menjadi pembicara di Boao Forum for Asia (BFA) yang berlangsung di Boao, Provinsi Hainan, China, Kamis (24/3/2016).

Di forum ini, JK berbicara mengenai masa depan Asia serta peningkatan kerja sama ekonomi antara negara-negara di kawasan.

Menurut JK, yang diperlukan Indonesia saat ini, menurut dia, adalah peraturan secara efisien untuk mempermudah investasi asing di Tanah Air.

"Selain pasar yang luas, masuknya industri ke Indonesia menjadi lebih efisien karena banyaknya sumber daya, khususnya tenaga kerja," jelasnya.
Indonesia merupakan pasar kedua terbesar bagi China, setelah Amerika Serikat, untuk berinvestasi.

Total realisasi penanaman modal asing, kecuali sektor hulu migas dan keuangan, dari China ke Indonesia selama 2010 hingga 2015 tercatat 2,1 miliar dolar AS.

Menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal, China ada di urutan ke-11 negara asing yang paling banyak merealisasikan investasi di Indonesia.

Pemerintah Indonesia dan China menargetkan komitmen investasi China di Indonesia tahun 2016 sampai 30 miliar dolar AS. (ab)