Jokowi: Daerah yang Tidak Segera Belanjakan Anggarannya, Akan Dirubah Jadi Surat Utang

By Admin


nusakini.com - Presiden Joko Widodo menutup Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2016 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2017, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Dalam pengarahannya kepada para menteri dan gubernur seluruh Indonesia, Jokowi meminta pemerintah daerah segera membelanjakan anggaran yang dimiliki agar dapat memacu pertumbuhan ekonomi. 

"Akhir bulan lalu (April) anggaran daerah yang ada di bank daerah Rp 220 triliun. Perlu saya ingatkan, anggaran itu segera dibelanjakan, segera direalisasikan," tegas Jokowi. 

Jokowi ‎mengatakan telah menginstruksikan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro agar daerah yang masih menyimpan anggaran dalam jumlah yang besar, diubah ke dalam bentuk surat utang. Hal tersebut dilakukan sebagai konsekuensi dari peringatan yang sebelumnya sudah disampaikan, tetapi belum dijalankan. 

Namun Jokowi menggaris bawahi, belanja yang dimaksud adalah harus benar-benar bersifat produktif. 

"Bukan belanja seperti perjalanan dinas, kunjungan kerja, membeli mobil dinas dan furnitur. Ini kesalahan yang harus kita hilangkan," tegas Jokowi.(if/mk)