JTIC Bahas Perdagangan Lintas Batas RI-Malaysia

By Admin

nusakini.com-- Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia semakin intensif mendorong pertumbuhan perdagangan dan investasi di antara kedua negara. Berbagai hambatan perdagangan dan investasi menjadi pembicaraan kedua negara termasuk perdagangan lintas batas Indonesia-Malaysia. 

Demikian salah satu agenda pembahasan pertemuan Menteri Perdagangan RI Thomas Trikasih  Lembong dengan Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia (MITI) Dato’ Sri  Mustapa Mohamed yang akan dilaksanakan pada Kamis (30/6) di Jakarta.

Pertemuan dilakukan dalam kerangka Indonesia-Malaysia Joint Trade and Investment Committee (JTIC) Meeting ke-2. JTIC merupakan forum yang dibentuk sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan perdagangan dan investasi antara Indonesia-Malaysia atas dasar kesetaraan dan saling menguntungkan.

Forum ini diharapkan dapat membantu jaringan kerja antara pengusaha Indonesia dan Malaysia, serta menciptakan peluang bisnis dan akses pasar potensial. 

Ada beberapa isu krusial yang akan dibahas pada pertemuan tersebut. "Pertemuan ini akan  membahas agenda review Border Trade Agreement (BTA) 1970, investasi, kerja sama untuk  pengembangan industri palm oil, dan hambatan perdagangan yang dialami kedua negara," jelas Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo di Jakarta, Rabu (29/6). 

Penutupan jalur perdagangan lintas batas di Nunukan-Tawau juga menjadi salah satu isu yang  akan dibahas. "Kita juga akan mengangkat permasalahan tentang penutupan jalur perdagangan lintas batas di Nunukan-Tawau, karena penutupan tersebut merugikan masyarakat Indonesia di Nunukan,” imbuhnya. 

Pertemuan JTIC akan didahului pertemuan Senior Officials Meeting (SOM), Rabu (29/2). Pada pertemuan ini, Delegasi Indonesia dipimpin Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional, Iman Pambagyo. Sementara itu, Delegasi Malaysia akan dipimpin Deputy Secretary  General, Ministry of International Trade and Industry Malaysia, Isham Ishak. 

Di hari ke-2, Menteri Perdagangan RI akan memimpin Delegasi Indonesia dengan didampingi Duta  Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno, Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo, dan Direktur Perundingan Bilateral Djatmiko Bris Witjaksono. 

Sedangkan Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia (MITI) Dato’ Sri Mustapa  Mohamed akan memimpin Delegasi Malaysia dengan didampingi Duta Besar Malaysia untuk  Indonesia Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim dan Deputy Secretary General at the Ministry of International Trade and Industry Isham Ishak. (p/ab)