Kadin Sarankan Pemerintah Operasi Pasar Jangka Panjang Seperti Toko Tani Kementan

By Admin


nusakini.com - Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengolahan Makanan dan Industri Peternakan Juan Permata Adoe, di Jakarta, Sabtu (11/6/2016 ) mengungkapkan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung langkah pemerintah menggelar operasi pasar besar-besaran di Pasar Cipete dan Pasar Minggu. Langkah itu diambil sebagai solusi jangka pendek untuk menstabilkan harga pangan di pasaran selama Ramadan hingga Lebaran.

Namun Juan justru menyarankan, operasi pasar jangan hanya digelar menjelang Lebaran saja. 

"Tetapi sepanjang tahun. Dunia usaha sangat mendukung kebijakan ini. Apalagi ada solusi jangka panjang yang ditempuh Kementerian Pertanian untuk mendirikan toko tani bekerja sama dengan koperasi se-Jabodetabek,” kata Juan. 

Juan menjelaskan, dalam rapat yang berlangsung sekitar empat jam, pemerintah dan dunia usaha sepakat melakukan langkah-langkah konkret menstabilkan harga pangan. Baik melalui terobosan jangka pendek maupun jangka panjang. 

“Dunia usaha sangat mendukung kebijakan pemerintah menggelar operasi pasar besar-besaran. Masyarakat berhak mendapatkan bahan pangan dengan harga terjangkau," harap Juan.(if/mk)