KBRI Budapest Berikan Penghargaan Kepada Masyarakat Indonesia di Hongaria

By Admin

nusakini.com--KBRI Budapest beri penghargaan kepada masyarakat Indonesia di Hongaria yang dinilai telah mengharumkan nama Indonesia di Hongaria dalam berbagai bidang. Penghargaan ini merupakan bentuk dukungan KBRI Budapest sebagai Perwakilan Negara dalam menghargai usaha dan partisipasi aktif warganya di daerah akreditasi.  

"Masyarakat adalah ujung tombak diplomasi kebudayaan Indonesia" ujar Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo dalam pertemuan informal  dengan sebagian masyarakat Indonesia di Danau Velence, salah satu tempat wisata di Hongaria.

"Masyarakat yang berbakat dalam suatu bidang tertentu merupakan aset nyata Negara di wilayah akreditasi. Bakat, talenta dan kerja keras mereka adalah motor pengerak diplomasi budaya Indonesia, karenanya bukan berlebihan apabila setiap tahunnya, dalam rangkaian peringatan HUT – RI ke 71, kita memberikan penghargaan bagi mereka". 

Tahun 2016 ini, KBRI Budapest memberikan penghargaan kepada WNI yang berjasa di bidang olah raga, bidang seni tarik suara dan tari, para anggota pengibar bendera, dan penghargaan khusus dalam bidang seni kepada Duta Reggae Indonesia, Ras Muhamad karena jasanya dalam memperkenalkan musik reggae dengan sentuhan Indonesia dalam kancah musik internasional. 

Ras Muhamad dalam tur Eropanya tampil di Hongaria di tiga tempat yaitu di kota Hatvan dalam Reggae Camp pada tanggal 31 Juli 2016, di Budapest pada tanggal 14 Agustus 2016 dalam Sziget Festival serta di Panggung Rakyat dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 pada tanggal 17 Agustus 2016. 

Dalam setiap penampilannya Ras Muhamad selalu mempromosikan Indonesia tidak hanya melalui lirik lagu dan baju batiknya akan tetapi berdialog dengan para penggemarnya dengan secara tidak langsung memperkenalkan kota-kota wisata di Indonesia seperti Jakarta dan Bali. Musik Reggae Ras Muhamad juga selalu disisipi musik tradisional Indonesia seperti alunan suling dan dentuman kendang. Ras Muhamad juga baru saja meluncurkan video klip kolaborasinya dengan Sara Lugo artis Reggae asal Jerman dalam lagu berjudul „learn and grow". 

KBRI Budapest tiap tahunnya memberikan apresiasi kepada WNI/WNA yang secara nyata telah berpartisipasi dalam promosi Indonesia. Penghargaan tersebut diharapkan dapat menjadi pendorong bagi para WNI untuk tetap berprestasi dan bersemangat dalam mempromosikan kebudayaan Indonesia.(p/ab)