KBRI New Delhi Gelar Pameran Tunggal Indonesia Exposé 2016

By Admin

nusakini.com-- Pameran tunggal bertajuk "Indonesia Exposé 2016: Seizing Trade, Industry, Tourism, Investment and Services Opportunity from Indonesia" telah digelar oleh KBRI New Delhi di Hotel Le Meridien, New Delhi akhir pekan lalu.

Indonesia Exposé 2016 memamerkan sejumlah produk Indonesia antara lain produk makanan, emas dan logam mulia, kopi, teh, kerajinan tangan, hingga berbagai jenis batik. Sebanyak 13 perwakilan dari kalangan industri, Pemerintah Kota Kebumen dan Buru Selatan serta KBRI New Delhi berpartisipasi aktif memperkenalkan komoditas produksinya untuk ditawarkan kepada komunitas India serta menjalin kerja sama bisnis. 

Duta Besar RI Rizali Wilmar Indrakesuma saat membuka acara menyebutkan bahwa Indonesia Exposé 2016 merupakan salah satu bentuk upaya diplomasi ekonomi untuk mempromosikan diversifikasi produk ekspor Indonesia di India serta promosi untuk berinvestasi di Indonesia. 

Duta Besar Rizali juga menyampaikan melalui pameran komoditas Indonesia dan rangkaian seminar yang menghadirkan narasumber para pakar Indonesia di bidang minyak sawit, kopi, investasi, energi terbarukan dan emas, diharapkan potensi Indonesia dapat semakin dikenal oleh kalangan bisnis India sekaligus menciptakan networking diantara komunitas bisnis Indonesia – India. Upaya ini ditujukan untuk dapat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi kedua negara.   

Dalam kegiatan yang digelar selama 3 hari tesebut diselenggakan rangkaian acara antara lain business forum dalam bentuk talkshow, seminar; eksibisi komoditas Indonesia, workshop membatik, gastro diplomacy melalui festival kuliner Indonesia, gelar budaya nusantara, fashion show oleh desainer Indonesia, pemutaran berbagai klip promosi wisata dan gala dinner. 

Selain itu, panitia menyediakan pojok khusus bagi para pengunjung untuk mengikuti kursus membatik dan melihat demo memasak makanan Indonesia menggunakan produk minyak sawit nasional dalam rangka memperkenalkan budaya dan kuliner Indonesia. 

Dalam acara pameran tunggal yang dilangsungkan secara meriah, KBRI New Delhi bekerja sama dengan kamar dagang dan industri ternama India yaitu Associated Chambers of Commerce and Industry of India (Assocham), PHD Chambers, Federation of Indian Chambers of Commerce and Industry (FICCI), India Chambers of Commerce (ICC), serta perusahaan Aditya Birla Group. (p/ab)