Kegiatan Hari Terakhir KKLN Prodi Manajemen Bencana FKM UNHAN RI

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Bogor--Kegiatan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) Mahasiswa Program Studi Manajemen Bencana Fakultas Keamanan Nasional Universitas Indonesia yang mengusung tema “Disaster Risk Reduction for Building Disaster Resilient and Sustainable Societies During and Post Covid-19 Pandemic” dilaksanakan secara Online memasuki hari terakhir pada Jumat (17/6/2022). 

Kegiatan KKLN yang memasuki penghujung ini dipandu oleh Saudari Puspa Salsabila, mahasiswa S2 Manajemen Bencana Unhan RI dan dihadiri oleh sekitar 33 partisipan, terdiri dari: 28 mahasiswa, 3 dosen, dan dua staf prodi. Materi hari ini disampaikan dari pihak nternational Centre for Water Hazard and Risk Management (ICHARM) Jepang dengan topik perubahan iklim dengan judul materi ‘Sharing Knowledge on Disaster Resilience and Sustainability by All’. 

Secara umum, materi perubahan iklim yang disusun oleh Mr. Toshio Koike disampaikan dengan ringkas dan jelas. Dalam pemaparannya, partisipan dapat melihat bahwa dari tahun 1950 sampai 2015 terdapat kenaikan jumlah kejadian bencana akibat air di seluruh dunia secara umum, diantaranya banjir, badai siklon, kekeringan, dan gempa. Perubahan sistem iklim sangat dipengaruhi oleh tindakan manusia, yang dibuktikan sejak adanya AR4 (Fourth Asassement Report) atau penilaian ke 4 dari IPCC. Dapat dilihat bahwa pengaruh manusia telah terdeteksi dalam pemanasan atmosfer dan lautan, perubahan siklus air global, pengurangan salju dan es dan peningkatan permukaan rata-rata air laut.

Permasalahan iklim telah dipandang serius di dunia, dimana isu ini telah masuk dalam fokus sustainable development goals pada lini lingkungan, serta paris agreement yakni traktar internasional terkait mitigasi, adaptasi, dan keuangan perubahan iklim pada akhir tahun 2015. Pembangunan berkelanjutan atau sustainable development merupakan usaha menciptakan dan mempertahankan jangkauan atau akses alternative yang luas dalam merencanakan pola hidup. Dalam pembangunan hari ini, kita tentu harus menyadari bahwa apa yang kita lakukan hari ini merupakan warisan bagi generasi selanjutnya. Pembangunan berkelanjutan merupakan proses perubahan yang terus berlanjut, sebagai aktivitas sepeti eksploitasi sumber daya, ekonomi dan sosial, upaya perlindungan keanekaragaman, orientasi pengembangan teknologi, dan hal lainnya yang tetap terfokus pada penyediaan sumber daya di masa depan untuk generasi selanjutnya. 

Pemaparan materis selesai sekitar pukul 10:00 WIB, yang dilanjutkan dengan sesi evaluasi kegiatan oleh ketua panitia KKLN Prodi Manajemen Bencana, Penta Sukmawati serta sesi tanggapan, saran, dan masukan dari para dosen, termasuk Sesprodi Manajemen Bencana, Kolonel Kes Dr. IDK Kerta Widana, SKM., MKKK., B.Sc., CIQnR.,CIQaR.,CIMMR, ibu Dr. Christine Marnani MAP, dan Bapak Kolonel Laut (K) Dr. Dr. Anwar Kurniadi, S.Kp.,M.Kep selaku dosen Prodi Manajemen Bencana. Dalam pemaparan evaluasi dari ketua panitia Penta Sukmawati, beliau menjelaskan terkait beberapa tantangan mulai dari saat persiapan maupun pelaksanaan kegiatan seperti komunikasi pihak kepanitiaan dengan narasumber terkait, sampai tantangan-tantangan yang bersifat sangat dinamis saat pelaksanaan kegiatan. Tak lupa pula penyampaian terkait rencana tindak lanjut seperti penyerahan sertifikat kepada seluruh partisipan dan pembicara, seminar hasil KKLN, luaran artikel, dan sebagainya. 

Setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan KKLN Prodi Manajemen Bencana, peserta lalu berpindah ke room zoom Fakultas Keamanan Nasional untuk melakukan peutupan rangkaian KKLN FKN yang dilangsungkan serempat dari tanggal 13-17 Juni 2022. Kegiatan penutupan dipandu oleh Ester Natalia, mahasiswa prodi Keamanan Maritim dengan keynote speaker Dr. Herlina Juni Risma Saragih, M.Si., CIQnR., CIQaR. Secara keseluruhan, kegiatan penutupan acara KKLN Fakultas Keamanan Nasional Universitas Pertahanan RI selesai tepat pada 12.00 WIB.