Kemendag Perkuat Perdagangan dengan Oman Lewat Misi Pembelian

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Perdagangan terus mengembangkan pasar ekspor dengan melakukan misi pembelian (buying mission). Kali ini, sekitar 20 pelaku usaha kecil dan menengah dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) North Batinah Oman dipertemukan dengan pelaku usaha  Indonesia di Jakarta dalam acara misi pembelian, Kamis (28/7). 

“Kami yakin misi pembelian seperti ini dapat membangun jejaring pengusaha antara pelaku usaha  kedua negara dan sebagai salah satu upaya penetrasi pasar nontradisional," jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Arlinda. 

Kunjungan Delegasi Oman yang diketuai Anggota Dewan Kadin North Batinah, Khalid Abdullah  Al-Hosni ini merupakan langkah strategis dan peluang untuk meningkatkan perdagangan dan investasi Indonesia-Oman pascamisi dagang terpadu Indonesia di Oman, akhir Maret 2016. 

“Delegasi Oman telah diinformasikan mengenai paket kebijakan deregulasi ekonomi Indonesia dan  mereka menyambut baik peluang-peluang di bidang ekonomi,” imbuh Arlinda. 

Beberapa sektor dan produk yang diminati pelaku usaha Oman antara lain pariwisata, tenaga kerja  profesional, logistik, sektor konstruksi, jasa teknologi informasi, plastik, bahan bangunan, makanan  dan minuman, serta obat-obatan untuk hewan ternak. 

Pada kunjungan misi pembelian ini, Delegasi Oman melakukan business matching dengan 53  pelaku usaha Indonesia. Kesempatan ini dimanfaatkan pelaku usaha Indonesia bernegosiasi lebih  dalam dengan pelaku usaha Oman guna tercapai kesepakatan.

Dalam pertemuan tersebut para  pelaku usaha Indonesia juga memamerkan produknya untuk lebih meyakinkan mitranya dari Oman. 

Kadin North Batinah Oman juga bertemu pejabat pemerintah, antara lain Kementerian  Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Perindustrian. Pengusaha Oman juga bertemu pejabat dari Kantor Utusan Khusus 

Presiden untuk Timur Tengah dan OKI, Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM), Kadin  Indonesia, dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). 

Sejumlah pertemuan ini membahas peluang dan potensi kerja sama Indonesia dengan Oman di  sektor ekonomi dan perdagangan. 

Rangkaian kegiatan ini dikoordinasi Ditjen PEN Kemendag bekerja sama dengan Kedutaan Besar RI  Muskat. Dukungan juga datang dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian, BKPM, Kadin Indonesia, dan BNP2TKI. (p/ab)