Kemenlu Pastikan WNI yang Terjebak di Bandara Turki Selamat

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Luar Negeri RI terus memantau perkembangan situasi di Turki, setelah upaya kudeta oleh salah satu kelompok militer di negara itu digagalkan tentara pro pemerintah. Di tengah gejolak tersebut, pemerintah mendapatkan informasi sebagian warga negara Indonesia terjebak di Bandara Ataturk Istanbul. 

Namun, Kementerian Luar Negeri memastikan, setelah upaya kudeta itu dinyatakan berhasil dilumpuhkan tentara pro pemerintah, semua warga negara Indonesia di bandara tersebut dalam keadaan selamat.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berbicara dengan 25 perwakilan warga negara yang terjebak di bandara itu.

Dari pemutakhiran data, tercatat ada 60 WNI yang saat ini masih berada di Bandara Attaturk dan dalam pantauan Kementerian Luar Negeri RI melalui Konsulat Jenderal RI di Istanbul. Daftar ini didapatkan pemerintah dari Qomaruzzaman Badri Umar, yang secara sukarela mengkoordinasikan WNI di Bandara Attaturk. (p/ab)