Kemenpora Gelar Rapat Teknis untuk Persiapan Kegiatan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 2022

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Jakarta--Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar Rapat Teknis Kegiatan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 2022. Rapat tersebut dibuka oleh Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Selasa (30/8) di Yuan Garden Hotel, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Faisal mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan rapat teknis ini untuk berkoordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Kita berkumpul bersama di sini untuk melaksanakan rapat teknis dalam rangka membicarakan hal-hal kedepan mengenai pelaksanaan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia. Kita ingin di rapat ini mendapatkan masukan dari dispora supaya kegiatan ini berlangsung dengan baik," katanya.

Menurutnya, digelarnya kegiatan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia untuk mendorong peningkatan kreativitas pemuda di berbagai bidang kegiatan dan potensi pemuda yang diakomodir dalam satu wadah yang mengadakan acara kreativitas pemuda.

Ada 8 sub sektor yang akan dilombakan di kegiatan ini seperti grafika, kreasi, fashion, film, musik, kuliner, IT bidang software dan IT bidang hardware. "Kreativitas pemuda bicara soal tentang bagaimana kreativas pemuda apakah itu dari segi fashion, film, kuliner dan sebagainya. Kreavitas ini akan kita lombakan di tingkat nasional yang pasertamya perwakilan dari propinsi sehingga kita dapat memacu anak-anak muda Indonesia untuk lebih kreatir dan inovasi," jelasnya.

Dari kegiatan ini, Faisal berharap akan menimbulkan efek besar dan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kreativitas pemuda Indonesia."Efek yang kita harapkan dari kegiatan ini adalah ada pengaruh bagi pemuda kita untuk lebih kreatif, inovatif. Karena salah satu program Kemenpora adalah memberdayakan pemuda supaya berinovasi, berkreativitas, dan berdaya saing," tutupnya.

Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda Ibnu Hasan menyebutkan bahwa kegiatan ini berlangsung secara fisik dan virtual dari tanggal 29-31 Agustus 2022. “Kegiatan ini diikuti perwakilan 24 provinsi. Hadir secara langsung di ruangan ini 8 propinsi, sisanya dikuti secara virtual," katanya.

Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia sendiri akan dilaksanakan di Kota Gorontalo Bulan Oktober 2022. Diisi dengan berbagai macam acara diantaranya lomba apresiasi karya kreatif, workshop, pelatihan, festival musik dan film pendek, fashion show, IT couching clinic dengan praktisi, dan pameran hasil karya kreativitas pemuda.(rilis)