Kemenpora RI dan PT Telkom Sepakat Indigospace Sebagai Sarana Sentra Kreatif Pemuda

By Abdi Satria


nusakini.com-Bali- Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melalui Deputi Pemberdayaan Pemuda menggelar rapat koordinasi dengan manajemen Indigospace (PT Telkom) di Bali pada 18-20 Mei 2022.

Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah menyampaikan, pemerintah daerah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga harus bisa berkolaborasi untuk memanfaatkan indigospace sebagai salah satu sentra kreatif pemberdayaan pemuda di daerahnya.

“Rapat koordinasi ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi pemerintah dengan pihak PT Telkom selaku pengelola Indigospace (yang dahulu Bernama DILO) dalam upaya untuk pengurangan angka tingkat pengangguran terbuka,” kata Deputi Faisal.

Deputi Faisal berharap, tindak lanjut perjanjian kerjasama Kemenpora dengan PT Telkom, tentang Kolaborasi Pengelolan Sentra Pemberdayaan Pemuda-Digital Innovation Lounge (DILO) agar bisa manfaatkan guna menunjang aktivitas pembangunan kepemudaan.

“Sebagai salah satu tindak lanjut, harus ada pilot project program yang nyata dalam pemberdayaan pemuda dari pertemuan ini,” terang Deputi Faisal.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan, Andi Arwien menyambut baik potensi kerjasama tersebut.

Dia siap untuk berkolaborasi dengan Indigospace yang berada di wilayah kerjanya untuk bersama-sama bekerja dalam rangka upaya penurunan tingkat pengangguran terbuka.

Indigospace (yang dulu Bernama DILO) merupakan salah satu bentuk perhatian dari PT Telkom adalah creative camp untuk memberikan akses nyata bagi perwujudan visi para start up founders di Indonesia.

Indigospace ini hadir di beberapa kota di Indonesia, yakni di Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Bandung, Bogor, Tangerang, Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Solo, Surabaya, Malang, Bali dan Makassar.

Sementara itu, Manager Prestart up & Discovery Indigo Management selaku wakil dari PT Telkom, Ibnu Mas’ud menyebut pihaknya sangat terbuka untuk komunitas pemuda yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya pada bidang digital atau berkolaborasi dalam bentuk event lainnya.

“Kami mendukung upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka penurunan TPT di Indonesia, dalam pertemuan ini kami juga merasakan Kemenpora sebagai integrator yang mampu menumbuhkan potensi kolaborasi dengan pemerintah daerah dengan diperkuat dengan data yang spesifik sehingga bisa mendapatkan solusi terbaik untuk tiap-tiap daerah,” kata Ibnu.

Sebagai informasi, rapat koordinasi ini dihadiri oleh 15 perwakilan indigospace daerah, 3 perwakilan Telkom dan Indigomanagement, 15 perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga se-Indonesia serta 5 start up pengembangan Indigospace dan Kemenpora. (rls)