Kementan Bakal Bangun Laboratorium Pengendalian Penyakit Hewan Menular di Papua

By Admin


nusakini.com - Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian akan membangun Unit Pelaksana Teknis (UPT) Veteriner atau laboratorium pengendalian penyakit hewan menular di Kabupaten Kerong, Papua Barat.

Direktur Kesehatan Hewan Kementan, I Ketut Diarmita mengatakan, di Jakarta beberapa waktu yang lalu, pihaknya membangun Laboratorium Veteriner di Papua dengan tujuan menjaga hewan ternak di kawasan tersebut dari ancaman penyakit menular. 

Adapun dampak positif dari dibangunnya Laboratorium Veteriner di Kabupaten Kerong, antara lain : 

1. Dapat memperpendek rentang kendali, mengingat selama ini pengendalian penyakit di Papua harus di Balai Besar Veteriner Maros, Sulsel. 

2. Karena Papua berhadapan langsung dengan Papua New Guenia yang dapat menjadi pasar bagus dan potensial. Selama ini, Papua Nugini hanya dipasok dari Australia. 

3. Karena Papua masih perawan dari penyakit hewan menular dan sangat perlu di jaga kelestariannya. 

4. Perhatian akan penanganan penyakit hewan menular harus menyeluruh terhadap pembangunan pertanian dari Sabang sampai Merauke. 

5. Untuk jangka panjang Papua dapat dijadikan sebagai salah satu sentra peternakan sapi di wilayah timur karena memiliki padang pengembalaan sangat luas. 

Ketut menyampaikan berdasarkan hasil rapat koordinasi antara Direktur Kesehatan Hewan dengan Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Pemerintah Provinsi Papua akan siap menyediakan lahan seluas 5 hektare untuk pembangunan UPT tersebut.(if/mk)