Kementan Minta Eksportir Buah Ikut Bina Petani

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Spudnik Sujono Kamino mengungkapkan, seharusnya pengusaha jangan hanya mencari buah untuk kebutuhan ekspor di tingkat petani, namun juga melakukan pembinaan pada petani. 

Hal ini disampaikan Spudnik terkait pengakuan para eksportir buah yang menganggap bahwa meski banyak memiliki banyak varietas buah unggul, namun jumlah pasokan buah yang memenuhi standar ekspor belum banyak tersedia pada petani.

"Ya, jangan hanya dagang saja, tapi tolong ikut bina juga petani agar produksinya bisa untuk ekspor. Kan sama-sama untung, nah yang di kawasan khusus perkebunan kita juga minta eksportir juga bisa bantu di situ," ujarnya, Rabu (13/4/2016). 

Soal minimnya pasokan yang dikeluhkan pengusaha eksportir buah, menurut Spudnik, tidak beralasan. Selain itu, baik Kementan maupun Dinas Pertanian juga memiliki data akurat produksi dan sebaran buah. 

"Mereka eksportir tak turun ke lapangan. Kalau mau cari buah, silakan saja datangi dinas-dinas kita. Sulitnya dimana? Manggis atau mangga saja kita banyak, kok susah nyari," tandasnya. (mk)