KFC Diboikot di China karena Promosi Set Makanan Berhadiah Mainan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sebuah kelompok konsumen top China telah menyerukan boikot promosi makanan KFC, dengan mengatakan promosi itu mendorong pemborosan makanan.

Asosiasi Konsumen China (CCA) mengatakan promosi itu membuat beberapa pelanggan menjadi gila-gilaan membeli.

KFC meluncurkan promosi minggu lalu dengan Pop Mart, pembuat mainan Cina yang terkenal dengan kotak misterinya.

Pelanggan dapat mengumpulkan versi edisi terbatas boneka Dimoo bermata besar dan berwajah bulat saat membeli set makanan KFC tertentu.


KFC "menggunakan penjualan blind box edisi terbatas untuk membujuk pembelian set makanan yang tidak rasional dan berlebihan dari konsumen, yang bertentangan dengan ketertiban umum, kebiasaan yang baik dan semangat hukum", kata CCA yang berafiliasi dengan negara dalam sebuah pernyataan.

Promosi ini membuat satu pelanggan menghabiskan 10.494 yuan (Rp 23,5 juta) untuk lebih dari 100 makanan sekaligus untuk mengumpulkan mainan, sementara orang juga membayar orang lain untuk membeli makanan untuk mereka, atau hanya membuangnya, pernyataan itu menambahkan.

KFC meluncurkan promosi yang sangat populer minggu lalu untuk merayakan ulang tahun ke-35 pembukaan gerai pertamanya di daratan utama China.

Yum China, yang mengoperasikan KFC China, dan Pop Mart tidak segera menanggapi permintaan komentar dari BBC.

Pada tahun 2020, pemerintah China meluncurkan kampanye besar-besaran melawan limbah makanan, yang dipelopori oleh Presiden Xi Jinping.

Presiden Xi menyebut jumlah makanan yang terbuang sebagai "mengejutkan dan menyedihkan".

"Kampanye Piring Bersih" datang dengan latar belakang meningkatnya kekhawatiran tentang ketahanan pangan selama pandemi.

Kampanye tersebut melihat influencer online dilarang makan berlebihan di platform media sosial, sementara pengunjung restoran didesak untuk tidak memesan lebih dari yang bisa mereka makan. (bbc/dd)