Kita Adalah Superteam

By Admin


Oleh : Maria Klara Dhika A.U.

Analis Data Penyelenggara Diklat


nusakini.com - Adanya pandemic Covid-19 saat ini masih mewabah menghantui seluruh warga negara yang berada disetiap jengkal tanah seluruh wilayah Indonesia yang belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir, membuat berjuta perencanaan setiap orang harus berfikir ulang untuk merencanakan kembali program-program yang harus dilaksanakan dengan tidak mengurangi makna dan hasil yang dicapai. Hal ini membuat semua instansi untuk memikirkan cara yang tepat tetap dilaksanakan program kerjanya. Program kerja yang dilaksanakan Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar selama ini yaitu kegiatan diklat dengan tatap muka atau sistem klasikal ditangguhkan guna mendukung program pemerintah dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19 dengan sistem kehidupan saat ini yang berubah New Normal.

Tak lain halnya dengan oleh Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Makassar untuk mewujudkan imajinasi program kerja menjadi kenyataan seperti ungkapan tak ada rotan akarpun jadi, tidak ada tatap muka, virtualpun bisa dengan tetap mempertahankan kualitas hasil pada setiap peserta pelatihan. Dengan semakin berkembangnya teknologi yang beradaptasi pada revolusi industri menuntut setiap orang untuk meningkatkan kemampuannya dalam dunia digital atau era milenial. Saat ini beberapa Diklat pun harus beralih dari klasikal ke virtual / elearning telah dilaksanakan dengan hasil yang memuaskan bagi setiap pihak.

Diklat yang dilaksanakan oleh BDLHK Makassar ini yang disokong oleh adanya kerjasama antara Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) dan Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (Ditjen PSKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang membuat pelatihan online atau jarak jauh. BDLHK Makassar dalam hal ini sebagai instansi pelaksana kegiatan diklat ini yang menggunakan Learning Management System (LMS) yang dirancang oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Pusdiklat SDM LHK). Jajaran BDLHK bergabung menjadi satu dalam Whats App (WA) grup Admin-SubAdmin, 7 BDLHK dan pusdiklat SDM LHK membentuk Superteam, super support system, satu komando dan saling membantu bekerjasama, mempersiapkan ruang di LMS untuk masing-masing Angkatan di setiap BDLHK, yang bekerja keras tanpa mengenal waktu.

Masa persiapan LMS berawal dari konsolidasi bersama melalui video conference antara Admin dan sub admin LMS seluruh BDLHK bersama Pusdiklat. Di video conference ini kami sebagai SubAdmin diberikan panduan, tutorial dan semangat untuk menjadi Sub admin di masing-masing BDLHK. Tidak lebih dari seminggu ruang di LMS pun telah siap, semua materi, video dan ruang tugas telah kami siapkan untuk masing-masing angkatan. Tidak hanya dari segi LMS, surat panggilan diklat pun telah kami layangkan kepada Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Sulawesi untuk dapat bersama-sama mengkonfirmasi kesediaan dan komitmen dalam mengikuti pelatihan. Sungguh kerja team yang luar biasa, karna kami bekerjasama dengan BPSKL Wilayah Sulawesi dalam hal mempersiapkan peserta. Tidak hanya sampai disitu saja, kami melakukan koordinasi untuk kelancaran pelatihan ini melalui video conference pada hari Sabtu, hari Sabtu yang biasanya pegawai libur, kami rapat bersama-sama demi kelancaran pelatihan ini. Munculah WA grup dengan nama masing-masing angkatan pelatihan satu persatu calon peserta kami undang masuk ke dalam WA grup tersebut. Koordinator BPSKL Wilayah Sulawesi bekerjasama dengan baik, mereka mengarahkan calon peserta dengan baik, sehingga ketika kami memulai memberikan pengumuman, mereka sangat antusias menerima. “ Selamat siang Bapak/Ibu, ijin menyampaikan informasi……”, begitu kira-kira bunyi awal pengumuman dari kami. Lalu kami share surat panggilan yang berisi tata cara penggunaan LMS dan informasi mengenai simulasi pelatihan melalui app zoom meeting. “Dimana kami dapat Zoom Ibu?”, “Bagaimana caranya masuk?”,”Apa yang saya klik ini Bu?”, munculah pertanyaan demi pertanyaan dari calon peserta mengenai pelaksanaan pelatihan ini. Dan saatnya kami bekerja, menjelaskan satu persatu kepada calon peserta, saling bekerjasama satu dengan lainnya.

SuperTeam bukan SuperMan, begitu kira-kira Kepala Balai kami selalu memberi semangat kepada kami. Kami adalah Team sukses untuk pelatihan ini, kami tidak bekerja sendirian, kami bekerja bersama-sama. Kolaborasi yang baik antara koordinator dari BPSKL, Tutor dan BDLHK membuat hari-hari kami semakin berwarna. Kami adalah SuperTeam setiap dari kami memiliki tugas dan kewajiban masing-masing. 

Hebat….satu kata yang cukup mewakili perasaan kami setelah Pembukaan Pelatihan, kami yang biasanya mempersiapkan Pembukaan secara Klasikal, ternyata kami mampu melaksanakan Pembukaan secara Jarak jauh, seperti kita punya program di televisi. Semuanya berjalan dengan lancar karena adanya kerjasama yang baik, saling mendukung dan saling memberi semangat. Ternyata kita bisa beralih dari klasikal tatap muka ke pelatihan jarak jauh secara online. 

Ucapan terimakasih yang kami terima dari Bapak Kepala BP2SDM saat penutupan Pelatihan Gelombang I merupakan angin segar bagi kami, rasa capek kami langsung hilang, karena perhatian dari pimpinan kami. “ Adeeeemmm” kalau anak zaman now bilang, sungguh kami bukan siapa-siapa, kami bekerja bersama-sama, saling mendukung satu sama lain, saling membantu satu sama lain karena kami adalah SuperTeam.