Korea Utara Tolak Tawaran Bantuan Ekonomi yang 'Tak Masuk Akal' oleh Korea Selatan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Saudari kuat pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan marah menolak tawaran bantuan ekonomi Korea Utara sebagai imbalan atas denuklirisasi sebagai "tak masuk akal" dan menolak kemungkinan pembicaraan tatap muka.

Pernyataan itu muncul beberapa hari setelah presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, mengajukan rencana bantuan "berani" yang akan mencakup bantuan makanan, energi dan infrastruktur sebagai imbalan bagi Korea Utara yang meninggalkan program senjata nuklirnya.

Dalam sebuah komentar yang diterbitkan di surat kabar resmi Korea Utara Rodong Sinmun edisi Jumat (19/8), Kim Yo-jong mengatakan negaranya tidak berniat menyerahkan senjatanya sebagai imbalan atas bantuan ekonomi. “Tidak ada yang menukar takdirnya dengan kue jagung,” katanya, menurut kantor berita resmi KCNA.

Analis sebelumnya mengatakan peluang Pyongyang menerima tawaran Yoon – pertama kali muncul saat pidato pelantikannya pada Mei – semakin tipis. Korea Utara, yang menginvestasikan sebagian besar PDB-nya untuk mengembangkan persenjataan nuklirnya, telah lama menegaskan bahwa mereka tidak akan melakukan perdagangan itu.

Kim, yang mengawasi urusan antar-Korea dan merupakan orang kepercayaan dekat saudara laki-lakinya, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, mempertanyakan ketulusan Yoon dalam menyerukan peningkatan hubungan lintas batas bahkan ketika Korea Selatan terus mengambil bagian dalam latihan militer gabungan dengan AS dan gagal mencegah para aktivis menyebarkan selebaran propaganda melintasi perbatasan negara yang bersenjata lengkap.

Dia mengatakan barter senjata nuklir untuk kerjasama ekonomi “adalah mimpi besar, harapan dan rencana Yoon”, yang dia sebut “sederhana dan masih kekanak-kanakan”, menurut KCNA. "Kami menjelaskan bahwa kami tidak akan duduk berhadap-hadapan dengannya," tambahnya.

Dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional pada hari Senin (15/8) untuk menandai 100 hari pertamanya menjabat, Yoon menawarkan bantuan besar-besaran kepada Korea Utara dalam makanan dan perawatan kesehatan dan bantuan dengan memodernisasi kapasitas pembangkit listrik, pelabuhan dan bandara. Namun proposal tersebut tidak berbeda secara dramatis dari tawaran sebelumnya yang ditolak oleh Kim Jong-un, yang menganggap persenjataan nuklirnya sebagai kunci untuk kelangsungan hidup rezimnya.

Korea Utara telah melakukan sejumlah uji coba senjata tahun ini, termasuk menembakkan rudal balistik antarbenua dari jarak penuh untuk pertama kalinya sejak 2017.

Ketegangan diperkirakan akan meningkat minggu depan ketika AS dan Korea Selatan memulai latihan militer gabungan terbesar mereka selama bertahun-tahun. Sekutu bersikeras bahwa latihan itu bersifat defensif, tetapi Korea Utara memandangnya sebagai latihan untuk invasi dan telah menanggapi dengan uji coba rudal di masa lalu. Para pejabat AS dan Korea Selatan selama berminggu-minggu telah memperingatkan bahwa Korea Utara sedang bersiap untuk melakukan apa yang akan menjadi uji coba nuklir ketujuhnya.

Pekan lalu, Korea Utara mengancam akan "memusnahkan" otoritas Seoul atas wabah Covid-19 baru-baru ini kurang dari sebulan setelah Kim Jong-un mengatakan negaranya "siap untuk memobilisasi" kemampuan nuklirnya dalam perang apa pun dengan AS dan Selatan.

Berbicara beberapa jam setelah Korea Utara menembakkan dua rudal jelajah ke laut pada hari Rabu (17/8), Yoon mengatakan Korea Selatan tidak memiliki rencana untuk mengejar penangkal nuklirnya sendiri dalam menghadapi ancaman yang berkembang dari tetangganya, menambahkan bahwa dia tidak ingin melihat perubahan rezim secara paksa di Utara.

Analis mengatakan Korea Utara tidak mungkin menerima proposal dari Selatan selama mereka mirip dengan yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir. “Inisiatif Yoon menambah daftar panjang tawaran gagal yang melibatkan janji Korea Selatan untuk memberikan manfaat ekonomi bagi Korea Utara,” Scott Snyder, seorang rekan senior di lembaga pemikir Dewan Hubungan Luar Negeri, mengatakan dalam sebuah posting blog. (theguardian/dd)