KTNA Puji Kinerja Kementan

By Admin


nusakini.com - Ketua Umum Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir mengapresiasi tingkat kepuasan responden yakni petani peserta program pembangunan pertanian yang telah dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) di era Pemerintahan Jokowi-JK. Kepuasan responden ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga independen.

"Hasil survei tersebut mengungkapkan kepuasan responden terhadap kebijakan dan program pembangunan pertanian mencapai 76,8 persen dan responden yang menyatakan puas terhadap bantuan alsintan sebesar 75.83 persen. Ini tingkat kepuasan yang cukup tinggi," kata Winarno di Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Terkait hal ini, Winarno berharap agar bantuan alat mesin pertanian (alsintan) diikuti dengan peningkatan kapasitas SDM sehingga petani bisa lebih terampil dalam mekanisasi pertanian.

Di sisi lain, Winarno juga menyoroti tingginya biaya distribusi pangan dari petani ke konsumen yang mencapai 21 persen. "Ini mencerminkan belum efisiennya sistem distribusi pangan kita," terang Winarno.

 Sementara itu, terkait impor, Winarno meminta agar hanya dilakukan dalam keadaan ‘terpaksa’ saja. Sebab, petani perlu mendapat jaminan harga dan stabilitas harga pangan penting juga bagi petani. (mk)