Langsung Action, Mendag Enggar Blusukan Stabilkan Harga Pangan

By Admin

nusakini.com--Tak perlu berlama-lama, setelah mendapat kepercayaan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita langsung action. Hari ini, Minggu (7/8), Mendag blusukan ke pasar modern Bumi Serpong Damai (BSD). Dengan mengajak jajaran Pejabat Eselon 1 di Kementerian Perdagangan,

Mendag juga blusukan ke pasar rakyat, Pasar Anyar Tangerang, untuk mengetahui perkembangan harga komoditas pangan, seperti beras, bawang merah, cabai, gula, dan daging sapi. 

"Ini tugas yang dimandatkan Presiden Jokowi kepada saya, yaitu mengendalikan harga pangan.  Rakyat harus mendapatkan harga pangan yang terjangkau dengan tetap membuat  kesinambungan dunia usaha," tegas Enggartiasto Lukita, di Tangerang. 

Menurutnya, Presiden menugaskannya mengerjakan tiga sektor prioritas, yaitu pertama, memprioritaskan upaya pengendalian harga. Kedua, memprioritaskan upaya kemandirian pangan. Ketiga, memprioritaskan kesinambungan dunia usaha. 

Blusukan kali ini untuk memastikan harga pangan pokok terjamin ketersediaannya dan terjangkau  harganya, khususnya harga daging. Terkait masih tingginya harga daging sapi di pasar rakyat, 

Mendag melakukan dialog dengan pemilik feedlot PT. Tanjung Unggul Mandiri di Tangerang.  “Harga daging sapi dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan kecederungan stabil pada tingkat harga yang tinggi. Kondisi ini tentu cukup memberatkan baik bagi konsumen maupun bagi pedagang karena omzetnya semakin turun,” jelas Mendag Enggar. 

Mendag Enggar juga bertemu dan berdiskusi dengan beberapa perwakilan asosiasi seperti ASPIDI  (Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia), AIDDI (Asosiasi Industri dan Distributor Daging Indonesia), APDI (Asosiasi Pedagang Daging Indonesia), APPHI (Asosiasi Pengusaha Protein Hewani Indonesia), GAPUSPINDO (Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia), NAMPA  (National Meat Processor Association), serta beberapa perwakilan industri pengolah daging sapi. 

Hasil diskusi akan menjadi masukan penting untuk merumuskan kebijakan baru dalam tata niaga  daging sapi, termasuk tata kelola impornya. “Pemerintah merumuskan kebijakan yang tepat dan efektif dalam menjaga kecukupan pasokan daging sapi di masyarakat dengan harga yang  terjangkau,” lanjut Enggar. 

Sebelumnya pada hari yang sama, Mendag Enggar juga meninjau beberapa pasar untuk  memperoleh informasi ketersediaan barang kebutuhan segar. Pasar yang dikunjungi yaitu Pasar Modern BSD dan Pasar Anyar Tangerang. Mendag Enggar menyatakan kunjungan ini juga sekaligus memantau pasar modern untuk dijadikan percontohan dalam pembangunan pasar-pasar rakyat.

Kemendag berkomitmen terus mewujudkan program pembangunan dan revitalisasi 5.000 pasar  rakyat pada 2015-2019 sesuai mandat Presiden Joko Widodo dalam Nawacita. “Kemendag berkomitmen membangun ekonomi kerakyatan melalui pembangunan sarana distribusi perdagangan antara lain pasar rakyat. Citra pasar rakyat harus berubah jadi pasar yang bersih, tidak bau, kering, tertib, dan teratur,” ujar Mendag Enggar. 

Enggar menegaskan pembangunan pasar rakyat tidak hanya akan fokus pada pembangunan pasar  fisik, tetapi juga membangun sistem budaya yang mengedepankan interaksi antara penjual dan pembeli. Selain itu, pengelolaan pasar rakyat juga harus dibenahi agar dapat bersaing dengan pasar modern yang pengelolaannya lebih profesional. 

Selain itu, pengelolaan pasar rakyat juga harus maksimal mengingat pasar rakyat merupakan lokasi  utama pembelian barang kebutuhan pokok masyarakat karena produknya yang relatif segar. 

Tahun 2015, sudah 1.002 pasar rakyat yang dibangun/direvitalisasi. Tahun 2016, telah ditargetkan  kembali pembangunan 1.000 pasar rakyat. Saat ini sudah terlaksana pembangunan 168 pasar melalui dana Tugas Perbantuan Kemendag dan 695 pasar melalui DAK. Sisanya akan dibangun setelah mendapatkan dana persetujuan dari Kemenkeu. 

"Pemerintah akan mempercepat target revitalisasi pasar rakyat ini untuk tiga hal, yaitu menjaga  laju sektor riil, meningkatkan fasilitas kemudahan berusaha, dan memperluas akses ekonomi masyarakat," tegas Enggar. 

Pesan Presiden, kata Mendag, Pasar Rakyat harus bersih, rapi, tidak becek, tidak kotor, dan tertib.  Ubah citra pasar rakyat yang kotor becek dan bau itu dengan citra baru yang khas, unik, bersih, rapi, dan tertib. Karena itu, Kemendag mengeluarkan SNI Pasar Rakyat. Manajamen pasar rakyat nantinya harus mengikuti SNI. (p/ab)