Letjen Maruli Simanjuntak Bakal Dilantik Sebagai KSAD Hari Ini

By Admin


JAKARTA - Presiden Jokowi rencananya bakal melantik Letjen Maruli Simanjuntak menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pelantikan dijadwalkan berlangsung siang ini, di Istana Negara.

Berdasarkan informasi dari sumber, kursi KSAD itu akan diisi oleh tokoh berinisial M. Diketahui jenderal bintang tiga yang berinisial M hanya Letjen Maruli Simanjuntak, yang kini menjabat Pangkostrad.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, tidak menyebut nama sosok yang akan dilantik Jokowi menjadi KSAD. Dia hanya memastikan agenda bahwa bakal ada pelantikan KSAD pada siang nanti.

"Hari ini, tepatnya Rabu, 29 November 2023, pukul 14.00 WIB, dijadwalkan pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat oleh Presiden di Istana Negara," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, Rabu (29/11/2023).

Terlepas dari keterangan Ari Dwipayana, Perihal potensi Maruli jadi KSAD ini pernah ditanyakan ke Jokowi usai acara Puncak Hari Guru Nasional di Indonesia Arena, GBK, Jakarta, Sabtu (25/11).

Jokowi tidak menjawab tapi mengatakan Maruli jadi salah satu kandidat. "Salah satu kandidat, iya (Maruli)," ujar Jokowi.

Komisi I DPR RI juga pernah membeberkan ada tiga nama yang dinilai kuat sebagai calon KSAD. Maruli salah satunya.

Tiga nama yang disebut itu Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak, Kepala BNPB Letjen Suharyanto, dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

"Ada beberapa nama. Pak Maruli salah satu yang kuat, ada Pak Suharyanto Kepala BNPB, dan Pak Nyoman Cantiasa," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid kepada wartawan di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2023). Dia menjawab soal kandidat kuat pengganti KSAD Jenderal Agus Subiyanto nanti.(*)