Liga 1: Fajar Fokus Laga Kandang

By ommed


nusakini.com - Pada era sepak bola profesional saat ini, tuntutan kepada pemain bisa dikatakan sangat banyak. Selain selalu harus memberikan kemampuan 100 persen di setiap pertandingan, pemain diharuskan bisa bermain di beberapa posisi. Tujuannya jelas, agar pelatih mudah menemukan pengganti jika ada pemain lain tak bisa diturunkan.

Dan hal itu saat ini tengah dijalani Fajar Faturrahman. Pemain muda Borneo FC Samarinda ini mengalami perubahan posisi di Pesut Etam. Fajar yang biasanya bermain di sayap kanan, kini beralih lebih ke belakang menjadi bek kanan.

Perubahan tersebut mulai dijalani Fajar musim lalu, saat Fakhri Husaini yang juga mantan pelatihnya di Timnas U-16 memindahkan posisi menjadi bek.

Meski tak bermain di posisi asli, Fajar mengaku tak masalah. Sebab, sebagai pemain profesional dia menyatakan harus siap dimainkan di posisi mana pun.

“Selama ini saya enjoy bermain di bek kanan. Apalagi di Borneo FC saya mendapat dukungan dari para senior,” ujar Fajar.

Dia mengatakan, tak sulit untuk beradaptasi dari posisi sayap ke bek kanan, karena masih ada di posisi yang sama. Bedanya, jika di sayap dia lebih banyak membantu serangan, sementara di pos baru lebih difokuskan membantu pertahanan.

Dijelaskan Fajar, sebenarnya bermain sebagai bek kanan sudah dilakoni saat menjalani program Garuda Select. Itulah sebabnya Fajar mengaku tak terlalu sulit beradaptasi.

“Dan seperti saya katakan tadi, para senior di tim ini terus men-support saya,” tambahnya.

Saat ini Fajar berusaha selalu tampil bagus di setiap pertandingan. Terlebih setelah dia terpilih sebagai pemain muda terbaik di perhelatan Piala Presiden 2022 lalu.

"Alhamdulillah pastinya (gelar pemain muda terbaik) merupakan suntikan motivasi agar lebih percaya diri dalam bermain,” tambahnya.

Disinggung mengenai pertandingan berikutnya melawan Persib Bandung, Fajar mengaku siap bermain bagus untuk memenangkan pertandingan. Tugasnya bakal tak mudah di pertandingan nanti, karena akan bertemu klub dengan materi mentereng.

“Saya siap menjalankan instruksi dari pelatih. Saya tahu kualitas pemain Persib. Pastinya saya harus fokus dan kerja keras," pungkasnya. (lib/om)