Lomba Foto GNRM Kemenko PMK, Ini Pemenangnya

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Kemenko PMK) Puan Maharani mengumumkan pemenang lomba foto Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Tahun 2016. 

Lomba Foto GNRM kali ini, tidak kurang dari 541 peserta dari seluruh Indonesia mengirimkan hasil karyanya. Setiap perserta maksimal diperbolehkan mengirim hasil karya sebanyak 5 foto. Dalam lomba yang memperebutkan hadiah total Rp 42 juta tersebut, panitia menerima 1.980 karya foto. Dari 1.980 tersebut, terpilihlah 23 karya yang masuk final (nominasi). Dari 23 nominasi tersebut, dipilihlah tiga terbaik. 

Pengumuman dan penyerahan hadiah lomba foto ini digelar Kemenko PMK, di Jakarta, Rabu (07/09). Juara pertama jatuh pada karya Dhoni Setiawan yang mengangkat tema: "Menghadang yang Tidak Tertib, yang diambil di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta. 

Sementara Juara ke-2 dimenangkan oleh Oki Santosa. Pelajar salah satu SMA di Bandung ini mengambil tema: "Disiplin". Sementara juara 3, dimenangkan oleh Ujang Hidayat. Lelaki asal Bandung ini memilih tema: "Saling Bantu". 

Dalam sambutannya, Menko PMK mengapresiasi kegiatan ini dan berharap, kegiatan seperti ini tidak sekedar sebagai ajang seremonial, namun juga mengajak dan meggandeng peran serta masyarakat. 

"Pada kegiatan ini, masyakat terlihat sudah mulai mengenal apa itu Revolusi Mental. Harapan kami, ke depan, GNRM tidak hanya terjadi di instansi pemerintah saja, namun juga partisipasi aktif masyarakat. Kegiatan juga tidak hanya lomba foto, namun kegiatan-kegiatan lainnya yang perlu dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan GNRM," ujar Menko. 

Menko melihat, tidak mudah menilai ribuan foto. Terlebih tema yang diangkat mempunyai kualitas bobot yang nyaris seimbang. Menurutnya, juri pastinya tidak mudah menilai. Meski demikian, juri mempunyai standarisasi, memiliki kriteria tertentu dalam menilai, mana karya poto yang bagus, dan mana yang layak menang. 

Menko menyatakan, pihaknya terus tak bosan-bosan untuk mensosialiasikan GNRM ke seluruh elemen masyarakat. Menko juga berharap dukungan para awak media dalam sosialisasi GNRM ini. 

Dalam lomba GNRM ini kali, Kemenko PMK mengundang Hermanus Prihatna (Ketua MFI) dan Beawiharta (Reuters) yang didampingi perwakilan Kemenko PMK untuk menjadi juri. Hadir dalam acara tersebut, selain pejabat Kemenko PMK, tampak sejumlah pejabat K/L terkait dan Pgs. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama , Syafrizal. (p/ab)