Mangkir Latihan, PSIS Semarang Hukum & Denda Bruno Silva

By ommed


nusakini.com - Manajemen PSIS Semarang tidak pandang bulu dalam memberikan sanksi kepada anggota skuad yang melanggar disiplin. Penyerang andalan Bruno Silva dijatuhi hukuman larangan bermain di satu pertandingan, serta dikenakan denda.

CEO PSIS AS Sukawijaya mengungkapkan, pemberian sanksi itu menjadi akumulasi kesabaran manajemen terhadap ulah Silva yang dinilai tidak profesional. Ketidakhadiran Silva dalam sesi latihan, Selasa (14/9) pagi, menjadi puncak kekesalan manajamen.

AS Sukawijaya mengutarakan, sikap Silva ini bisa menciptakan suasana tidak kondusif di dalam tim. Pria yang akrab disapa Yoyok itu menegaskan, PSIS tidak memberlakukan pemain sebagai seorang bintang.


“Bruno kami beri tindakan tegas dengan hukuman dipulangkan sementara ke Semarang, mendapat skorsing satu pertandingan, dan pemotongan gaji. Yang bersangkutan tidak mengikuti sesi latihan pada Selasa pagi dengan tidak ada pemberitahuan apa pun ke tim pelatih atau manajemen,” beber Yoyok dilansir laman resmi klub.

“Perlu diketahui, ini bukan indisipliner yang pertama. Beberapa waktu lalu saat ada kesalahpahaman dengan salah satu pemain, yang bersangkutan juga langsung meninggalkan latihan, dan keesokan harinya tidak latihan.”

“Atas nama manajemen, kami tegaskan, di PSIS tidak ada pemain bintang atau pemain spesial. Semua sama. Semua harus mengikuti aturan yang ada.”

Keputusan itu membuat Silva dipastikan absen ketika PSIS menghadapi Persiraja Banda Aceh pada akhir pekan ini dalam lanjutan Liga 1 2021/22. Menjelang duel itu, jajaran pelatih belum memberikan program latihan.


Pemain hanya menjalani recovery di tempat penginapan setelah melakoni duel snegit melawan Persija Jakarta pada akhir kemarin. Karteker pelatih Imran Nahumarury mengutarakan, latihan taktikal dilakukan setelah pemain kembali bugar.

“Namun kemarin juga ada individual training buat beberapa pemain yang belum berkesempatan main di laga lawan Persija,” jelas Imran.

“Hari ini kami recovery training. Rencana tadi mau di lapangan dua grup, yang main, recovery, dan yang belum bermain untuk maintenance kondisi. Namum karena hujan deras, kami di hotel saja. Besok pagi baru kami di lapangan untuk melakukan evaluasi pertandingan kemarin. (gi/om)