Mantan Jaksa Agung Ditangkap di Meksiko atas Kasus 43 Mahasiwa Hilang

By Nad

nusakini.com - Internasional - Meksiko pada hari Jumat (19/8) menangkap seorang mantan jaksa tinggi yang memimpin penyelidikan yang dikecam keras atas penghilangan 43 mahasiswa pada tahun 2014, atas tuduhan penghilangan paksa, penyiksaan dan menghalangi keadilan.

Jesus Murillo Karam adalah penangkapan profil tertinggi sejauh ini sehubungan dengan kasus yang mengejutkan bangsa dan dunia.

Mantan jaksa agung itu dianggap sebagai arsitek dari apa yang disebut versi "kebenaran sejarah" dari peristiwa yang disajikan pada tahun 2015 oleh pemerintah presiden saat itu Enrique Pena Nieto, yang ditolak secara luas, termasuk oleh kerabat. Presiden saat ini Andres Manuel Lopez Obrador membuka kembali penyelidikan tak lama setelah pemilihannya pada 2018.

Murillo, mantan anggota Partai Revolusioner Institusional (PRI) yang dulu dominan yang tinggal di wilayah Mexico City, ditangkap di luar rumahnya, menurut pernyataan dari kantor jaksa agung. Murillo memegang jabatan jaksa agung dari 2012 – 2015.

43 mahasiswa dari Ayotzinapa Rural Teachers' College di negara bagian Guerrero barat daya hilang saat mereka bepergian dengan bus ke sebuah demonstrasi.

Penyelidik mengatakan mereka ditahan oleh polisi yang korup dan diserahkan ke kartel narkoba yang mengira mereka sebagai anggota geng saingan, tetapi apa yang sebenarnya terjadi pada mereka telah diperdebatkan dengan panas.

Menurut laporan resmi tahun 2015, anggota kartel membunuh para siswa dan membakar jenazah mereka di tempat pembuangan sampah, tetapi kesimpulan tersebut ditolak oleh keluarga serta para ahli independen dan kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia.

Pakar internasional mengkritik penyelidikan resmi yang penuh dengan kesalahan dan pelanggaran.

Penangkapan Murillo terjadi sehari setelah pejabat tinggi hak asasi manusia Meksiko, Alejandro Encinas, menyebut hilangnya para siswa sebagai “kejahatan negara” dan bahwa militer memikul setidaknya sebagian tanggung jawab, baik secara langsung atau melalui kelalaian.

“Tindakan, kelalaian atau partisipasi mereka memungkinkan penghilangan dan eksekusi mahasiswa, serta pembunuhan enam orang lainnya,” kata Encinas, yang juga wakil menteri dalam negeri.

Encinas juga mengatakan tingkat tertinggi pemerintahan Pena Nieto mengatur penutupan setelah insiden tersebut.

Lopez Obrador mengatakan pada hari Jumat bahwa setiap tentara dan pejabat yang terlibat dalam penghilangan itu harus diadili.

"Menerbitkan situasi yang mengerikan dan tidak manusiawi ini, dan pada saat yang sama menghukum mereka yang bertanggung jawab, membantu mencegah peristiwa menyedihkan ini terjadi lagi" dan "memperkuat institusi," kata presiden.

“Kami mengatakan dari awal bahwa kami akan mengatakan kebenaran, tidak peduli betapa menyakitkannya itu,” katanya kepada wartawan saat berkunjung ke kota perbatasan barat laut Tijuana. (aljazeera/dd)