Mantan Wakil Ketua Binpres KONI Sulsel Sarankan Hasil PON XX Papua Diseminarkan

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Mantan wakil ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Sulawesi Selatan, Mirdan Midding menyarankan agar hasil kontingen Sulawesi Selatan di PON XX Papua diseminarkan secara umum dengan melibatkan berbagai pihak. "Atas asas transparansi, seminar ini perlu diadakan agar bisa mengetahui kelemahan serta kekuatan kita untuk menghadapi PON 2024 mendatang," ujar Mirdan kepada nusakini.com, Senin (25/10/2021).

Seperti diketahui pada PON XX Papua lalu, target sepuluh besar yang dicanangkan tak tercapai. Begitu pun dengan jumlah perolehan medali. Dimana Sulsel akhirnya bertengger di peringkat 11 dengan total 37 medali dengan rincian 11 emas, 23 perak dan 13 perunggu. Padahal, pada PON IX di Jawa Barat silam, Sulsel meraup 12 emas, 23 perak dan 27 perunggu.

Menurut Mirdan, dibutuhkan sinergi yang kuat antara tiga lembaba penyokong pokok pembinaan dan prestasi olahraga di Sulsel yakni Dinas Pemuda dan Olah Raga, Dinas Pendidikan dan KONI."Kedua dinas ini merupakan wakil Pemprov Sulsel sebagai penyedia anggaran serta kelangsungan pendidikan berjenjang buat atlet. Sementara pembinaan dan prestasi diserahkan ke cabang olahraga yang dikontrol oleh KONI Sulsel," kata Mirdan.

Selain kedua dinas tadi, Mirdan juga menilai peran dinas lain seperti Kesehatan dan Pariwisata juga dibutuhkan. Kesehatan misalnya, terkait dengan pemahaman soal asupan gizi atlet. Sementara pariwisata juga ada hubungannya dengan olahraga air seperti Selancar, Dayung dan Ski Air. "Peran media juga penting sebagai sport spionase yang membantu memberikan data perkembangan atlet daerah lain," pungkas Mirdan. (ab)