Masyarakat Antusias Sambut Gelar Pergantian Pasukan Jaga Istana Presiden

By Admin


nusakini.com - Pergantian Pasukan Jaga Istana Kepresidenan yang kembali digelar untuk kedua kalinya, Minggu (28/8/2016) pagi, di halaman luar Istana Merdeka, Jakarta disambut antusiasme masyarakat yang berada di sekitar lokasi. Tidak hanya masyarakat yang sedianya berolahraga di Monas, seremoni ini juga menarik perhatian pengendara sepeda motor dan mobil yang melewati sisi jalan halaman luar Istana Merdeka.

Dimulai lebih awal, seremoni kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya, karena didahului dengan pertunjukan dari Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden.

Sigit, salah satu penonton yang datang bersama keluarganya dari kawasan Pancoran, mengungkapkan kegembiraanya dapat menyaksikan seremoni ini. “Bagus, masyarakat jadi tahu pergantian pasukan Paspampres seperti apa. Selanjutnya kalau bisa dilaksanakan terus, dijadwalkan rutin,” ujar Sigit.

Selain itu, Sigit juga mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pihak Istana dan Paspampres melalui seremoni yang terbuka bagi masyarakat tersebut. Menurutnya, kini masyarakat bisa merasa semakin dekat dengan lingkungan Istana.

“Masyarakat umum bisa lebih dekat sama Istana. Biasanya begitu dekat sedikit ke Istana saja disuruh minggir-minggir. Sekarang kita malah bisa foto-foto sama Paspampres, ini bagus sekali,” tambahnya.

Pertunjukan tersebut ternyata tak hanya diminati oleh warga Indonesia. Victor, seorang Warga Negara Rusia yang kebetulan sedang berolahraga pagi turut menyaksikannya bersama dengan masyarakat yang telah berkerumun sebelumnya.

“Ini pertama kalinya saya melihat ini selama saya berada di Indonesia dan saya sangat menikmatinya,” terang Victor.

Ditemui oleh sejumlah media yang meliput, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala yang turut berbaur dengan masyarakat menyaksikan seremoni tersebut menerangkan bahwa pihaknya akan terus berusaha untuk semakin mendekatkan kehidupan Istana kepada masyarakat. Salah satu caranya ialah dengan menampilkan atraksi-atraksi baru sehingga semakin menarik minat masyarakat untuk menyaksikan langsung seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan.

“Oleh karena ini melibatkan publik, kita berpikiran bahwa atraksi-atraksi perlu ditampilkan sehingga menarik minat publik. Kita lihat seperti hari ini bahwa partisipasi publik semakin banyak dibanding dengan bulan lalu. Di sinilah ide kenapa kita menambah atraksi dan menambah jumlah personil,” ungkap beliau.

Lebih lanjut, beliau juga mengungkapkan bahwa ke depannya pihaknya akan terus mengusahakan atraksi-atraksi baru untuk ditampilkan. Salah satu di antaranya ialah pergantian pertunjukan marching band yang akan semakin memeriahkan acara tersebut.

“Marching band rencananya akan kita ganti setiap bulan dengan melibatkan marching band dari institusi lain,” imbuhnya.

Ditanyakan oleh para jurnalis terkait waktu pertunjukan seremoni yang seharusnya digelar pada pekan kedua setiap bulannya, Darmansjah menjelaskan bahwa untuk kali ini sengaja dimundurkan karena pekan kedua sebelumnya bertepatan dengan persiapan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Sedapat mungkin kita adakan tiap bulan di minggu kedua. Tapi, karena Agustus ini minggu keduanya jatuh pada perayaan 17 Agustus, jadi kita undur pada minggu ini. Untuk selanjutnya tetap pada minggu kedua,” tutupnya. (p/mk)