Membangun Episentrum Internasional Lewat kreativitas

By Admin


nusakini.com - Kota Malang, Jawa Timur mulai Rabu, 30 Maret 2016 menjadi tuan rumah pergelaran Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) 2016. Acara ini merupakan salah satu acara besar untuk membangun ekonomi kreatif di Indonesia.

ICCC 2016 akan digelar selama sepekan penuh dengan diisi berbagai kegiatan kreatif, di antaranya pelatihan membangun ekonomi kreatif, pameran, dan berbagai jenis seni pertunjukan. Sejumlah kegiatan tersebut akan digelar di berbagai titik di wilayah kota pendidikan tersebut. 

Hari pertama ICCC 2016 diisi dengan kompetisi membuat aplikasi untuk mencegah korupsi. Aplikasi yang dikompetisikan ini juga mampu digunakan untuk mengatasi persoalan bidang transportasi, sampah, dan pasar tradisional. 

Selain kompetisi aplikasi yang dilaksanakan selama 24 jam, hari pertama ICCC 2016 juga diisi dengan senior official meeting MEA as impulse to creative opportunity.Rencananya acara ini akan dihadiri Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. 

Wali Kota Malang M Anton mengatakan, ICCC 2016 diharapkan bisa menjadi media bersama untuk membangun ekonomi kreatif yang ramah dengan lingkungan dan berwawasan global. ”Melalui ekonomi kreatif, kita bisa berbicara dan membangun episentrum ekonomi baru di dunia internasional,” ujarnya. 

Menurutnya, kreativitas masyarakat bisa menjadi sumber pendapatan ekonomi baru untuk kesejahteraan bersama. ”Kita bisa melakukan pencapaian jangka panjang dengan mengembangkan kreativitas sebagai basis industri atau kegiatan ekonomi,” pungkasnya (mk)