Mendagri: Jangan Lupa Sumpah Jabatan sebagai Pelayan Publlik

By Admin


nusakini.com Jakarta - Terkait dengan deklarasi Bupati Tasikmalaya, Jabar UU Rushanul Ulum yang baru saja dilantik sebagai bupati namun berkeinginan maju dalam bursa bakal calon Gubernur Jabar, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan agar menjalankan sumpah jabatannya sebagai pelayanan publik.

"Jangan lupakan pelayanan publik. Walaupun dia (Ruzhanul) sudah ancang-ancang mau maju, apakah mau independen atau lewat parpol (partai politik), jangan lupa dia diambil sumpah. Dia memegang amanah memimpin daerah," kata Mendagri di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Menurutnya, Ruzhanul tentu memiliki hak untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Jabar 2018. "Soal mau maju yang lebih tinggi, itu hak parpol yang usung dan hak dia yang mau," ujarnya.

Dia menambahkan, tidak terdapat aturan yang melarang bupati baru dilantik, lantas mendeklarasikan diri mengikuti pilkada provinsi. “ Nggak ada aturan sih. Kalau parpolnya menugaskan, kalau memang yang bersangkutan mau, ya bagaimana," ucapnya.

Sekadar diketahui, Ruzhanul setelah dilantik sebagai Bupati Tasikmalaya pada Rabu (23/3/2016) menyatakan maju dalam pilkada Jabar. (mk)