Mentan Amran Pacu Semangat Petugas Pengelola OPT

By Admin


nusakini.com - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, melakukan kunjungan ke Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tanaman di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menghadiri Pekan Peramalan II Pengelolaan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Berteknologi Tinggi, Ramah Lingkungan, dan Berkelanjutan. 

Di samping itu, acara ini juga merupakan pengukuhan Petugas Pengelola OPT (PPOPT) dari 34 propinsi. PPOPT sendiri merupakan tenaga penyuluhan yang dikerahkan ke sawah-sawah untuk membantu petani dalam pemberantasan hama. 

"Ada La Nina nanti dengan hujan yang tidak putus-putus, itu waktunya OPT berkembang biak dengan baik. Tahun lalu (rasio intensitas) serangan hama 1,3%, tahun ini harus 0,5%," kata Amran dalam sambutannya, di Karawang, Rabu (25/5/2016). 

Sebelum ke Karawang, Mentan Amran turut bersama rombongan menemani mantan Presiden Megawati Soekarno Putri, yang baru saja menerima penganugerahan Doktor Honoris Causa di Universitas Padjadjaran, Bandung. 

"Kami dengar pidato Bu Mega saat pemberian Doktor Honoris Causa. Mendengar sejarah Bung Karno rebut kemerdekaan. Kami merasa kecil belum buat apa-apa buat republik ini. Saat penduduk hanya 66 juta bisa getarkan dunia, bisa buat gerakan Non Blok," tegas mentan Amran. 

"Kalau ada semangat Bung Karno, masalah OPT itu terlalu kecil. Jangan bangun pagi jam 7.00, kemudian kemudian maunya pulang cepat. Kapan negara ini bisa berdaulat kalau seperti itu," tambahnya. 

Hadir pula dalam acara tersebut Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Hasil Sembiring.(mk)