Mentan Isyaratkan Kenaikan Harga Telur Ayam Masih Wajar

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengisyaratkan kenaikan harga telur ayam yang terjadi saat ini masih wajar. Ia menyebut kenaikan harga telur disebabkan momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), namun masih dalam kendali pemerintah di mana harga yang tersedia masih dalam titik batas wajar.

"Sepanjang kenaikan itu dalam batas-batas kendali, pemerintah tentu tidak akan mengintervensi. Intervensi baru dilakukan apabila kenaikannya melampaui batas-batas tertentu, barulah kita lakukan operasi pasar dan pendekatan-pendekatan lain," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip dari Antara, Minggu (9/1).

Adapun, terkait pasokan telur ayam, ia menegaskan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama beberapa bulan ke depan.

"Stok telur ayam masih ada dan masih tetap tersedia dengan baik," imbuh dia saat meninjau perusahaan peternakan ayam petelur di Maros, Sulawesi Selatan.

Selain telur ayam, dia juga memastikan ketersediaan pangan lainnya, seperti daging-dagingan, dalam kondisi cukup dan tidak terjadi kelangkaan. Bahkan, stok nasional dalam tren meningkat.

"Saya bersama integrator memacu penuh agar peternakan ayam, petelur, dan pedaging kita terus meningkat dan hari ini saya berada di tempat ini untuk memastikan bahwa peternakan ayam kita dapat efektif, efisien dengan cara-cara yang modern," terang Syahrul.(CNN)