Mentan Yakin Naiknya Produksi Mampu Tekan Harga Pangan

By Admin


JAKARTA – Kementerian Pertanian optimis produksi beras yang cukup besar saat ini menjadikan pemerintah mampu mengendalikan harga pangan di masyarakat.

Hal ini dikatakan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Kamis (3/3/2016) terkait dengan kemampuan pemerintah dalam menekan harga beras di pasar.

“Saat ini hasil produksi kita cukup. Ini dibuktikan dengan tersedianya beras di pasar-pasar induk yang mana pasokan saat ini bisa mencapai 2 kali lipat dari bulan yang sama di tahun lalu”, ungkap Mentan.

Mentan menegaskan bahwa ketersediaan beras saat ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, baik pemerintah maupun para petani.

Pada kesempatan itu, Mentan juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan menyakini bahwa langkah pemerintah menahan laju impor merupakan kebijakan tepat untuk mesukseskan program swasembada pangan.

Dari data yang dikeluarkan Kementan untuk target produksi 2016 menunjukkan adanya keyakinan bahwa pemerintah mampu meningkatkan produksi di tahun depan.

Untuk 2016, Kementan menargetkan sasaran produksi sebesar 76.361.248 ton. Optimisme naiknya produksi ini didasarkan pada upaya serius Kementan memperluas area tanam di tahun 2015 sebesar 14. 314. 742 ha, naik dari tahun 2014 yang sebesar 14. 115. 475 ha. (mk)