Menteri Marwan Mintai Kiai Turut Awasi Dana Desa

By Admin

nusakini.com--Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, meminta para kiai turut mengawasi dana desa. Alasannya, dana itu cukup besar sehingga rakyat akan rugi jika dikorupsi atau disalahgunakan.

Marwan menuturkan bahwa kiai dan juga kalangan cerdik pandai khususnya di kalangan muslim lainnya merupakan figur yang dihormati di masyarakat. Oleh karena itu, mereka juga wajib memiliki semangat dalam membangun desa.

"Kiai punya peran penting dalam mengawasi dana desa. Begitu juga untuk mensosialisasikan penggunaan dana desa agar tepat sasaran," kata Marwan dalam keterangan tertulis, Senin (9/5).

Marwan melanjutkan, program pembangunan nasional tak hanya bergantung kepada pemerintah sebagai pelaksana mandat rakyat, tetapi juga diperlukan peran kiai sebagai panutan umat. Apalagi, dalam konteks dana desa, yang naik terus setiap tahun.

"Tahun lalu, pemerintah menganggarkan sebesar Rp20,8 triliun, dan tahun ini alhamdulillah mengalami kenaikan menjadi Rp47 triliun," tuturnya. (p/ab)