Menteri Siti: Ada 24 Juta Ha Lahan Mengalami Degradasi

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Saat ini terdapat sekitar 24 juta hektar lahan di Indonesia mengalami penurunan kemampuan (degradasi) dan sekitar 5,5 juta hektar lahan kini berstatus lahan kritis. Hal ini diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada saat penanaman pohon di Kilometer 59 ruas tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (26/3/2016)

"Fokus  yang kami lakukan sekarang adalah mengatasi degradasi lahan dan lahan kritis dengan menanam pohon. Sampai saat ini, pemerintah telah menanam sebanyak 2,2 juta pohon di 500.000 hektare lahan yang kritis dan mengalami degradasi," kata Siti.

Menurut Siti, selain mengatasi penurunan kualitas lahan, pihaknya juga menekankan pentingnya menanam pohon. Menurut Siti, pohon berfungsi penting sebagai pendukung kehidupan manusia.

Siti menjelaskan, satu pohon dapat menyumbang sekitar 130  kilogram oksigen setiap tahunnya. "Selain itu, satu pohon juga mampu menyerap sekitar satu ton karbondioksida setiap tahun. Kami mengajak masyarakat dan jajaran BUMN untuk bersama-sama menyadari arti penting menanam pohon," tegasnya. (mk)