Merah Putih di Addison Community Centre, Sydney, Australia

By Admin

nusakini.com--Merayakan HUT RI ke-73 yang akan jatuh pada 17 Agustus 2018, halaman dan gedung Addison Community Centre di Marrickville, Sydney, Australia  akhir pekan lalu dihiasi warna khas bendera kebangsaan Indonesia, merah putih di setiap titik. Nuansa merah putih tersebut bukan tanpa alasan, karena hari ini telah berlangsung dengan meriah Bazaar Indonesia 2018. 

Bazaar Indonesia 2018 mengkombinasikan antara promosi kuliner, musik, seni dan budaya Indonesia, kegiatan permainan, perlombaan dan pertandingan persahabatan, serta bakti sosial berupa pelayanan kesehatan secara gratis, berlangsung dari jam 10.00 sampai dengan jam 17.00. Sementara itu, dari jam 19.00 hingga jam 22.00 merupakan malam gembira. 

“Terima kasih kepada keluarga besar KJRI Sydney, ICC dan seluruh komunitas Indonesia di Sydney dan sekitarnya atas terselenggaranya Bazaar Indonesia 2018 ini, yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-73”, Konsul Jenderal RI Sydney, Heru Subolo mengawali sambutannya. Ïndonesia dan Australia saat ini dalam proses menuju peningkatan hubungan dari Mitra Strategis menjadi Mitra Komprehensif. Kita sebagai komunitas Indonesia yang tinggal di Sydney, di Australia, dapat berkontribusi pada profesi masing-masing dalam kemitraan komprehensif tersebut dengan menjadi komunitas teladan serta melalui kontribusi pada pembangunan multikultur di Australia’, lanjutnya. 

Bazaar Indonesia 2018 terselenggara atas kerja sama KJRI Sydney dan Indonesian Community Council (ICC) NSW Inc., didukung oleh berbagai pihak seperti Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Sydney, Indonesian Investment Promotion Centre (IIPC) Sydney, Persatuan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) NSW, Indonesian Christian Nurses Association in Australia (ICNAA) dan Indonesian Moslem Nurses Association in Australia (IMNAA). 

Sebanyak 20 stan makanan dan minuman mempromosikan kuliner Indonesia, seperti sate ayam, rendang, hingga minuman khas Indonesia seperti es kelapa. Ratusan pengunjung, terdiri dari anak-anak, orang tua, pelajar/mahasiswa dan orang dewasa tidak hanya menikmati kuliner khas Indonesia, tetapi juga berpartisipasi dalam berbagai permainan, perlombaan dan pertandingan yang diselenggarakan Panitia, seperti lomba makan kerupuk, membawa kelereng dalam senduk sambil berlari, pertandingan domino dan catur, serta perlombaan karaoke. 

Sementara itu, pada malam gembira yang berlangsung dari jam 19.00 hingga 22.00 di dalam Gedung Community Centre, Dewi Yul, salah satu penyanyi kondang Indonesia yang tampil sebagai bintang utama menghipnotis ratusan ratu undangan yang memadati Aula Community Centre berkapasitas sekitar 500 orang tersebut. 

Selain Bazaar Indonesia 2018, dalam rangka memperingati HUT RI ke-73, KJRI Sydney bekerja sama dengan Indonesian Diaspora Network (IDN) NSW dan masyarakat Indonesia serta beberapa pihak lainnya, juga akan menyelenggarakan jalan bersama pada tanggal 12 Agustus 2018 jam 09.00 waktu Sydney, Australia di Botanical Garden, di samping Sydney Opera House. (p/ab)