Meski Kalah, Menko PMK Puji Performa Timnas Indonesia U-23 : Harus Tingkatkan Power

By Admin

nusakini.com, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengikuti kegiatan nonton bareng (nobar) pertandingan semifinal Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Uzbekistan U-23, di halaman kantor Kemenko PMK, pada Senin malam (29/4/2024).

Suasana nobar di Kemenko PMK yang diikuti oleh para pegawai dan masyarakat umum terpantau ramai dan meriah. Berbagai menu juga disajikan untuk menjadi kudapan para peserta nobar, mulai dari rebus-rebusan, bakso, dan nasi goreng gerobak yang disiapkan gratis.

Banyak dari penonton menyaksikan pertandingan sambil berdiri yang tidak menyurutkan semangat mereka untuk mendukung Timnas Indonesia. Antusiasme dan sorak sorai menyeruak ketika pemain Indonesia berhasi mendekati gawang lawan dan menciptakan peluang. Menko Muhadjir juga terlihat asyik menonton dan menikmati kegiatan nobar.

Namun, pada akhirnya keberuntungan belum berada di tangan Indonesia. Timnas Indonesia U-23 harus takluk dari Timnas Uzbekistan U-23 dengan skor akhir 0-2. Alhasil harapan Indonesia melaju ke final dan merebut juara Piala Asia U-23 kandas.

Usai nobar, Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan pujian atas performa Timnas Indonesia U-23. Menurutnya, secara keseluruhan permainan yang ditunjukkan oleh Indonesia sudah sangat bagus. Namun, menurutnya faktor keberuntungan lah yang masih belum memihak pada Indonesia.

"Saya menyaksikan betapa gigih dan betul-betul telah berjuang habis-habisan timnas kita. Tapi memang keberuntungan belum berpihak pada Indonesia kali ini," ujar Muhadjir memberikan komentar usai nobar.

Menurut Muhadjir, capaian Timnas Indonesia yang sudah berhasil mencapai semifinal Piala Asia U-23 adalah prestasi luar biasa. Meskipun Indonesia kalah, tetapi baginya kekalahan ini adalah pengalaman yang akan menjadikan Timnas Indonesia lebih matang dan bermain lebih baik lagi.

"Ini pengalaman yang tak ternilai harganya bagi kita untuk lebih matang ke depan dalam memperjuangkan bangsanya di kancah internasional khususnya di bidang sepakbola. Mudah-mudahan ke depan kita akan semakin lebih baik," jelasnya.

Menko Muhadjir masih menaruh asa supaya Timnas Indonesia U-23 bisa meraih juara 3 di kancah Piala Asia. Menurutnya dengan performa timnas sekarang masih sangat mungkin juara 3 diraih. Dia juga memuji kinerja pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong yang semakin membuat performa Indonesia menjadi lebih baik.

Muhadjir pun juga memberikan masukan supaya dari segi energi dan temaga Timnas Indonesia supaya bisa lebih ditingkatkan. Berkaca dari kekalahan dari Timnas Uzbekistan, maka menurutnya daya tahan dan tenaga dari para pemain Timnas Indonesia harus bisa ditingkatkan lagi.

"Uzbekistan harus diakui secara teknis dia di atas kita. Sementara dari sisi tenaga dan power kita masih perlu ditingkatkan. Sekali lagi saya minta, mungkin kita perlu belajar dari pelatih ketahanan tubuh pemain Uzbekistan," ucapnya. (pr/pm)