Minuman Rendah Kalori Indonesia Rambah Pasar Afrika

By Admin

nusakini.com-- Produk minuman rendah kalori untuk kesehatan beserta produk makanan dan minuman (mamin) instan asal Indonesia cukup menjadi pusat perhatian di  Africa’s Big Seven (AB7) yang digelar pada 19-21 Juni 2016 lalu, di Johannesburg, Afrika Selatan (Afsel). 

Sejumlah buyer potensial telah menyatakan minatnya memboyong produk-produk tersebut ke  pasar Afrika Selatan untuk didistribusikan ke seluruh benua Afrika. Partisipasi Indonesia dalam  AB7 ini merupakan salah satu upaya Indonesia untuk meningkatkan ekspor dan menembus  Afsel sebagai pasar nontradisional. 

“Afsel berperan penting sebagai pintu masuk produk ekspor Indonesia ke negara-negara Afrika  lain, seperti Botswana, Lesotho, dan Swaziland,” jelas Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg Pontas Tobing. 

Pontas menambahkan, antusiasme masyarakat Afsel terhadap produk mamin asal Indonesia  cukup tinggi. Hal itu dapat dilihat dari tingginya permintaan terhadap produk mamin yang berkualitas tinggi dan memenuhi standar kesehatan. 

AB7 merupakan pameran barang konsumsi paling bergengsi di Afrika. Tahun ini, AB7 diikuti  oleh 72 negara dengan 13 ribu buyer bergerak di bidang mamin, agrifood, teknologi mamin, interbake, produk ritel, dan bisnis makanan. Keikutsertaan Indonesia diprakarsai oleh ITPC Johannesburg dengan menggandeng Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI). 

Paviliun Indonesia dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Afsel Suprapto  Martosoetomo. “Meski pertumbuhan ekonomi Afsel cukup rendah, Indonesia harus lebih gencar merebut pasar Afrika bersaing dengan sesama negara ASEAN,” kata Suprapto. 

Indonesia menghadirkan 8 (delapan) perusahaan dalam AB7 tahun ini, yaitu PT Lautan Natural  Krimerindo (dairy creamer), PT Mayora Indah (kopi), PT Sinar Sosro, PT Kalbe International (produk turunan kelapa dan suplemen makanan), PT Nutrifood Indonesia (produk minuman rendah kalori untuk kesehatan), dan PT Asia Pacific Fortuna Sari (tisu pembersih untuk kesehatan), serta PT Indofood Sukses Makmur dan PT Tiga Pilar Sejahtera Food (mi instan dan bumbu masakan). 

Pontas menambahkan, ITPC Johannesburg juga bekerja sama dengan KJRI Cape Town  menyelenggarakan business matching antara partisipan Indonesia dengan KADIN Cape Town guna menjajaki potesi bisnis di wilayah selatan Afsel.(p/ab)