Nigeria Cabut Larangan Twitter setelah 7 Bulan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Nigeria telah mencabut larangannya di Twitter - tujuh bulan setelah menutup situs jejaring sosial tersebut.

Pemerintah Nigeria menangguhkan Twitter pada bulan Juni lalu setelah perusahaan itu menghapus cuitan Presiden Muhammadu Buhari tentang menghukum para separatis regional.

Pihak berwenang menuduh perusahaan media sosial itu berpihak pada para separatis.

Namun pemerintah mengatakan pencabutan larangan tersebut dilakukan setelah Twitter menyetujui beberapa persyaratan, termasuk membuka kantor lokal di Nigeria.

Langkah ini memungkinkan jutaan orang di negara terpadat di Afrika ini untuk menggunakan platform itu lagi.

Beberapa pengguna terus mengakses situs setelah penangguhan menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN), tetapi pemerintah berjanji untuk menekan mereka yang masih men-tweet - termasuk organisasi media.

Langkah tahun lalu oleh pemerintah Nigeria memicu kecaman internasional atas kebebasan berbicara.

Keputusan perusahaan media sosial untuk mendaftarkan diri di negara itu menunjukkan komitmennya pada Nigeria, kata badan pengembangan teknologi informasi negara itu.

Twitter belum mengomentari keputusan Nigeria untuk mencabut larangan tersebut.

Pemerintah telah memerintahkan penyedia internet untuk memblokir Twitter, menuduhnya digunakan untuk merusak "keberadaan perusahaan Nigeria" melalui penyebaran berita palsu yang berpotensi memiliki "konsekuensi kekerasan".

Larangan terjadi setelah Twitter menghapus unggahan Presiden Buhari yang merujuk pada Perang Saudara Nigeria 1967-1970 dan untuk memperlakukan "mereka yang berperilaku buruk hari ini" dalam "bahasa yang akan mereka pahami".

Twitter adalah media sosial yang populer di kalangan banyak orang Nigeria, dan platform tersebut telah digunakan sebagai alat mobilisasi. Aktivis menggunakannya untuk menggalang dukungan selama protes terhadap kebrutalan polisi di bawah tagar #EndSars, yang mendapat perhatian global.(bbc/dd)