Nurdin Abdullah Resmikan Rumah Pemotongan Hewan Moderen

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah meresmikan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) moderen, di Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Senin, 8 Februari 2021.  

Pembangunan RPH moderen tersebut merupakan kolaborasi antara Pemkot Makassar dengan Pemprov Sulsel. Pemkot menyediakan lahan seluas 5 hektar sementara Pemprov membangun gedung dan pemerintah pusat menyediakan alatnya. 

"Insyaallah kita betul-betul mendapatkan daging bersih dan halal. Ini bukti kalau pemerintah saat ini ada sinergi antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kota," kata Nurdin Abdullah, usai meninjau langsung RPH moderen tersebut. 

Menurut Nurdin, pembangunan RPH moderen ini merupakan salah satu keberhasilan dari kolaborasi pemerintah saat ini, pasalnya mampu merubah peradaban soal kehigenisan daging khususnya di Makassar. 

"Kita tidak bisa sendiri, tapi kita butuh orang lain. 2 tahan lebih saya menjadi Gubernur kita bergerak bersama lewat kolaborasi kita semua, karena semua kita harus jaga sama-sama," jelasnya. 

Nurdin berharap, setelah proses penyerahan pengelolaan dari Pemprov Sulsel ke Pemkot Makassar sama-sama menjaga RPH moderen ini. Sebab, ini memang Pemprov yang membangun gedungnya, tapi sama-sama uang milik rakyat. 

"Teman -teman di Pemkot jangan anggap karena gedung ini bukan Pemkot yang bangun, kemudian tidak di jaga dengan baik. Tapi ini bangunan di bangun dari uang rakyat, jadi harus di manfaatkan dengan baik untuk masyarakat," ungkapnya. 

Lewat kesempatan tersebut, Gubernur Sulsel, Pj Walikota Makassar, dan Plt Kadis Peternakan dan Hewan menyaksikan proses tanda tangan MoU dengan organisasi pemotongan hewan, pengusaha dan pelaku retail.(rah)